Aplikasi Edit Video PC Gratis

Aplikasi Edit Video PC – Apakah Anda seorang Youtuber? Suka membuat film? Atau hobi traveling dan membuat konten video?

Maka Anda membutuhkan aplikasi edit video PC untuk memamerkan video Anda dari sudut-sudut yang bagus dan nantinya di post ke Instagram, Facebook, Youtube, atau sosial media lainnya.

Ada sejumlah aplikasi edit video PC gratis yang mudah di download, digunakan, ringan, dan dapat membantu Anda lebih menonjol dari pengguna sosial media lainnya.

Ada juga aplikasi berbayar dengan kualitas premium dan tanpa watermark yang cocok untuk Youtuber dan pembuat film. 

Aplikasi Editing Video PC Gratis

Jika Anda ingin mengedit video dengan anggaran terbatas, inilah daftar aplikasi yang bisa Anda coba:

1. Movie Maker 10

Movie Maker 10 adalah perangkat lunak pengeditan video gratis yang bagus untuk Windows. Aplikasi ini sangat cocok untuk pengeditan cepat pada klip video pendek yang dibutuhkan segera. 

Aplikasi ini dilengkapi dengan serangkaian tools pengeditan video dan gambar, serta memungkinkan Anda menambahkan teks dengan warna dan font yang dapat disesuaikan.

Anda juga bisa menambahkan musik, judul video, dan credit title dengan mudah.

2. Lightworks

Aplikasi Lightworks memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, sehingga mudah digunakan untuk profesional maupun pemula.

Selain itu, Lightworks juga menawarkan kumpulan tutorial video terperinci, yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi edit foto jadi video PC yang lebih mudah diakses dan dipelajari.

Anda bisa menggunakannya untuk membuat video Youtube, konten di media sosial, atau bahkan proyek film 4K.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan rangkaian stok video dan klip musik asli yang bisa Anda tambahkan ke dalam video untuk membuat tampilanya lebih menarik. 

Laptop atau PC dengan sistem operasi Windows, Mac, dan Linux akan kompatibel dengan Lightworks, ukurannya sekitar 67MB – 90MB tergantung Operating System perangkat Anda.

3. Openshot

Openshot adalah aplikasi edit video PC gratis terbaik untuk pemula. Antarmuka aplikasi ini mudah digunakan namun memiliki tools yang kompleks dan sempurna untuk pengeditan video sederhana.

Aplikasi berukuran 125MB ini adalah opsi yang efisien untuk mengubah rotasi, scaling, cutting, snapping, trimming, snapping, dan resizing.

Openshot juga menawarkan frame stepping, scrolling, audio editing, dan real-time preview. Anda bisa menggunakannya di Windows, Mac, dan Linux. 

4. VSDC Video Editor

Jika Anda mencari aplikasi edit video pc gratis tanpa watermark, maka VSDC adalah salah satu pilihan terbaik untuk dicoba.

Meskipun fitur yang dimilikinya tidak begitu banyak, tapi VSDC masih dilengkapi dengan koreksi warna dan beberapa pilihan efek transisi.

Terdapat juga tools yang bisa digunakan untuk mengaburkan, menyembunyikan, atau menyorot elemen tertentu.

Jika memiliki dana lebih, Anda juga bisa memilih VSDC versi premium untuk mendapatkan rangkaian tools yang lebih lengkap, harganya sekitar Rp 290.000/bulan.

Tools untuk versi berbayar ini mencakup stabilisasi video, efek pasca-produksi, slideshow / presentasi, template diagram 3D, dan sharing langsung ke media sosial (Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, dan Vimeo).

Aplikasi ini berukuran 76MB dan hanya bisa digunakan pada perangkat dengan Windows OS.

5. AVS Video Editor

AVS menjadi salah satu aplikasi edit video PC terbaik tahun ini karena sangat cocok untuk pengguna PC dengan spesifikasi pas-pasan.

Menjadi salah satu aplikasi edit video PC ringan, AVS juga dapat menghasilkan video berformat HD dan membuat proses editing lebih cepat karena dilengkapi video cache.

Ada lebih dari 300 efek dan pilihan transisi yang bisa Anda gunakan, bersama dengan fitur-fitur penunjang seperti scaling, cutting, snapping, serta tools untuk menambahkan teks, video, dan audio.

6. Blender

Blender termasuk aplikasi edit video PC terbaik untuk profesional karena hadir dengan rangkaian fitur yang bisa digunakan untuk membuat film animasi, 3D interaktif, model cetak 3D, permainan video, dan efek visual. 

Meski terlihat profesional, namun aplikasi gratis ini juga dilengkapi dengan editor video fungsional yang seharusnya cukup untuk sebagian besar kebutuhan pengguna biasa, seperti cutting, audio mixing, live preview, scrubbing, syncing, dan waveform visualization. 

Tersedia juga stok efek visual dan sketsa yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Ukuran file Blender berkisar dari 128-190MB, yang akan kompatibel dengan perangkat dengan sistem operasi Windows, Linux, dan Mac.

7. Shotcut

Shotcut adalah aplikasi edit video PC yang mendukung berbagai format, termasuk FFmpeg, 4K, ProRes, dan DNxHD.

Aplikasi gratis berukuran 70-105MB ini juga menyediakan opsi pengeditan audio yang luas, sehingga membuatnya ideal untuk audiofil. 

Sedangkan alat bantu audio fine-tuningnya memungkinkan Anda membuat penyesuaian bass dan treble, membuat filter bandpass, menambahkan kompresi dinamis, dan banyak lagi.

Iklan: Mungkin kamu juga tertarik membaca artikel tentang cara download file di scribd dan cara membuat cv online gratis.

Aplikasi Editing Video PC Premium

Aplikasi editing video premium dapat membuat perbedaan besar pada kualitas video atau film Anda.

Jadi untuk Anda yang lebih mengutamakan hasil daripada harga, inilah tujuh pilihan terbaik yang bisa dipertimbangkan:

1. HitFilm Express

Jika Anda tidak mempunyai pengalaman lebih dengan pengeditan video tapi membutuhkan aplikasi edit video PC terbaik dengan fitur-fitur premium dan kelas profesional, maka HitFilm Express sangat cocok untuk dicoba. 

Aplikasi ini banyak digunakan untuk memberikan efek seperti film dengan gaya aksi Hollywood, karena itu harganya juga lumayan, sekitar Rp 710.000/bulan.

Namun harga ini sepadan karena HitFilm sudah dilengkapi dengan fitur animasi yang memungkinkan Anda membuat serta menambahkan transisi video dan audio tanpa membuat gambar komposit, yang berarti sangat menghemat waktu saat mengedit. 

Terdapat juga composite shot yang memungkinkan Anda menganimasikan dua shoot terpisah bersama-sama untuk efek video surealis.

Keunggulan lainnya adalah trek waktu video dan audio tidak terbatas, serta tersedia berbagai pilihan transisi, seperti push, zoom, dan dissolve.

2. Corel VideoStudio Ultimate

Corel VideoStudio Ultimate adalah perangkat lunak pengeditan video berkualitas tinggi untuk pemula.

Fitur utamanya adalah efek waktu nyata dan koreksi warna, sangat cocok untuk Anda yang sudah terbiasa dengan software ilustrasi dan desain grafis Corel.

Aplikasi yang sangat mumpuni ini memiliki antarmuka indah dan ramah pengguna, dengan beberapa fitur keren seperti pelacakan gerak, 4K, video VR 360 derajat, stok musik, multi-cam, pengeditan teks 3D, dan ribuan efek.

3. Adobe Premiere Pro

Tersedia untuk pengguna Windows dan Mac.

Perangkat lunak berkualitas ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat video yang benar-benar menarik.

Tak hanya cocok dijadikan aplikasi edit video PC untuk youtuber, Premiere Pro juga merupakan salah satu pilihan terbaik untuk projek film dan web series.

Aplikasi seharga Rp 780.000/bulan ini bisa dikombinasikan dengan aplikasi dan layanan lain seperti Photoshop, After Effects, Adobe Audition, dan Adobe Stock.

Termasuk aplikasi all-in-one, Premiere Pro dapat berfungsi di semua perangkat dan dengan format apapun.

4. Final Cut Pro X

Final Cut Pro X adalah perangkat lunak editing video premium untuk profesional yang menggunakan Mac.

Karena dioptimalkan untuk Mac, Final Cut Pro X secara cerdik berkoordinasi dengan bagian-bagian yang relevan dari ekosistem Apple, seperti koleksi Foto atau iTunes Anda.

Kelebihan lainnya adalah mudah digunakan (meski dikemas dengan fitur level pro), memiliki fitur utama pengeditan multi-cam dan penyeimbangan warna cerdas.

Harganya sekitar Rp 4.700.000 sekali beli. Tapi jangan sedih, karena Anda memiliki masa percobaan 90 hari sebelum benar-benar membayar.

5. Apple iMovie 

Jika Anda mencari aplikasi yang sederhana namun mewah, maka tidak ada yang lebih baik dari Apple iMovie.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, sepuluh filter berkualitas tinggi iMovie adalah yang paling berkelas dalam hal editing video. 

Fitur iMovie lain yang paling disukai oleh para pengguna adalah layar hijaunya atau “chroma-key”, yang memungkinkan Anda menempatkan karakter Anda di lokasi berbeda (misalnya di depan menara Eiffell atau Hawaii). 

Jika ingin melengkapi video dengan musik, iMovie juga dapat terhubung langsung dengan iTunes dan GarageBand.

Setelah proses editing selesai, Anda bisa dengan mudah mengirimkan video ke teman atau keluarga dengan iMessage atau bagikan langsung ke Facebook, Youtube, atau sosial media lainnya. 

iMovie sebenarnya termasuk aplikasi edit video PC gratis terbaik, namun disebut premium karena hanya pengguna Mac yang bisa menggunakannya.

Artinya, Anda harus membeli Mac terlebih dahulu jika ingin bisa menggunakannya.

6. Adobe Premiere Rush

Satu lagi aplikasi edit video PC dari Adobe yang bisa Anda pertimbangkan adalah Adobe Premiere Rush. Selain pengguna dekstop, Premiere Rush juga kompatibel untuk Android dan iOS.

Aplikasi yang relatif baru ini memiliki beberapa bagian terbaik dari Adobe versi pro, yang cocok untuk pemula dan profesional. 

Premiere Rush memiliki antarmuka yang tak kalah keren dari Adobe Pro, namun dengan tools dan fitur yang lebih sederhana sehingga lebih ramah pengguna.

Mulai dari menambahkan audio, musik, dan teks, hingga menggabungkan beberapa video pendek, Premiere Rush sangat layak untuk dicoba.

Anda bisa menggunakan Premiere Rush secara independen untuk melakukan beberapa pengeditan video sederhana.

Namun bagi Anda yang sudah menggunakan Adobe Premiere Pro untuk pekerjaan profesional, Premiere Rush juga bisa menjadi pelengkap yang sempurna  

Misalnya saat Anda harus menyelesaikan pekerjaan dalam perjalanan di dalam kereta, maka Anda bisa menggunakan Premiere Rush di smartphone untuk melengkapi pekerjaan yang sebelumnya sudah Anda kerjakan dengan Adobe Pro di PC. Harga langganannya adalah Rp 142.000-RpRp 300.000/bulan.

7. DaVinci Resolve 16

DaVinci Resolve menggabungkan pengeditan 8K profesional, koreksi warna, efek visual, dan pasca produksi audio dalam satu aplikasi.

Inilah alasan mengapa DaVinci Resolve 16 menjadi salah satu aplikasi edit video PC tanpa watermark terbaik bagi banyak editor profesional film, acara televisi, dan iklan.

Fitur-fiturnya meliputi antarmuka trim khusus yang dapat membuat Anda mengedit secara mendetail, pengeditan otomatis yang dapat menyinkronkan klip audio dan visual, pengenalan wajah, dan tools bawaan yang bisa digunakan untuk retiming, stabilisasi, zoom dinamis, efek picture-in-picture, text, dan audio.

Anda bisa menggunakan DaVinci Resolve secara online atau offline, bahkan untuk format file intensif prosesor seperti H.264 dan RAW.

Fitur kompleks DaVinci Resolve bisa Anda dapatkan dengan membayar sekitar Rp 385.000/bulan.

Kesimpulan

Aplikasi edit video PC terbaik sebenarnya adalah yang paling sesuai dengan anggaran, mudah di download, sesuai perangkat yang digunakan, dan tergantung seberapa serius Anda ingin mengedit video tersebut.

Untungnya, Anda dimanjakan dengan banyak pilihan aplikasi, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Daftar Pustaka
  • https://www.pricebook.co.id/article/game_apps/2020/02/28/9711/aplikasi-edit-video-pc-terbaik
  • https://review1st.com/game-aplikasi/inilah-10-aplikasi-edit-video-terbaik-untuk-pc/
  • https://www.apple.com/id/final-cut-pro/
  • https://www.jurnalponsel.com/aplikasi-edit-video-pc-terbaik/

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment