Bagian – Bagian Mata dan Fungsinya

Mata merupakan indra paling penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk melihat objek sekitarnya. Terdapat bagian-bagian mata yang turut berperan sehingga menjadikan indera ini berfungsi dengan baik. Bila salah satu bagian mata tersebut mengalami kerusakan, maka mata tidak akan berfungsi seutuhnya.

Setiap manusia memang memiliki mata, tapi belum tentu semua manusia bisa melihat dengan matanya itu. Hal ini tak lepas dari fungsi bagian mata tersebut, seperti pupil, kornea, lensa dan sebagainya yang memiliki peranan masing-masing.  Sehingga mata bisa menangkap cahaya dan melihat objek di sekitarnya.

Pengertian Mata

Sebelum membahas lebih dalam mengenai bagian dan fungsi nya serta semua yang berhubungan dengan pengelihatan manusia. Marilah kita perjelas lagi mengenai pengertian mata.

Mata adalah salah satu indera manusia, yang berfungsi untuk melihat. Mata dapat melihat bila ada cahaya, bila dalam ruangan gelap mata tidak dapat melihat. Mata yang normal, artinya tanpa ada gangguan pada salah satu fungsinya, akan mampu menangkap cahaya lalu mengubahnya menjadi  impuls elektrokimia pada sel saraf.

Bagian – Bagian Mata

Seperti yang telah disebutkan di atas mata memiliki bagian-bagian dengan fungsinya masing-masing. Adapun bagian-bagian mata secara umum dibagi 2, yaitu bagian luar dan bagian dalam.

Adapun bagian-bagian mata manusia yakni:

  1. Kelopak mata
  2. Bulu mata
  3. Alis
  4. Kelenjar air mata
  5. Kornea
  6. Pupil
  7. Iris
  8. Retina
  9. Lensa
  10. Sklera
  11. Saraf optik
  12. Koroid
  13. Titik buta
  14. Konjungtiva
  15. Bintik kuning
  16. Makula

Dari semua bagian yang telah disebutkan diatas, kami akan menjabarkan fungsinya satu per satu sebagai berikut:

1. Bagian Luar Mata

Terdapat empat jenis organ yang ada pada bagian luar mata
Mata Bagian Luar

Terdapat empat jenis organ yang ada pada bagian luar mata. Organ tersebut mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

  • Kelopak mata, berfungsi untuk melindungi dan menutupi mata
  • Bulu mata, berfungsi mencegah masuknya kotoran dan debu ke dalam mata.
  • Alis, berfungsi menahan kotoran dan keringat agar tidak masuk ke mata.
  • Kelenjar air mata, berfungsi menghasilkan air mata serta menjaga mata tetap basah dan lembab.

2. Bagian Dalam Mata

Bagian mata manusai bagaian dalam yang kompleks
Mata bagian dalam

Sama seperti bagian luar, bagian dalam juga memiliki bagian-bagian lagi dengan fungsinya masing-masing. Berikut merupakan fungsi fungsinya:

  • Kornea

Kornea adalah bagian dalam mata dengan struktur bening dan bersifat tembus pandang serta terletak pada lapisan paling luar yang bentuknya seperti kubah. Kornea fungsinya untuk menerima cahaya pertama kali, sebelum cahaya itu masuk ke sel-sel bagian dalam lainnya.

Bila kita melihat mata seseorang, maka akan melihat ada bola hitam yang disebut pupil, dengan lapisan luar yang berwarna coklat, abu-abu atau biru (tergantung faktor genetik). Nah, lapisan luar yang menutupi bola hitam itulah yang disebut kornea.

  • Pupil

Pupil adalah bagian bola hitam yang ada pada mata manusia, dan menjadi tempat lewatnya cahaya pada mata. Pupil berfungsi mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk pada mata. 

Misalnya bila mata kamu terkena banyak cahaya maka pupil akan mengecil otomatis, sehingga cahaya yang ke mata tidak banyak. begitu juga dengan sebaliknya, dan  mengecil atau membesarnya pupil tersebut dikendalikan oleh sphincter dari selaput pelangi (iris) dan otot dilator.

  • Iris

Iris adalah bagian mata yang berwarna (coklat, hitam,biru,atau abu-abu, tergantung dari genetik seseorang) yang ada di sekitar pupil. Iris inilah yang berfungsi memberi warna pada bagian tersebut. Karena itulah iris disebut juga sebagai selaput pelangi.

  • Retina 

Retina adalah bagian pada mata yang sangat tipis dengan bentuk lapisan, dan terletak di bagian paling dalam mata. Retina berfungsi untuk menangkap, menerima, lalu melihatnya.

Retina memiliki reseptor cahaya yang disebut sel batang dan sel kerucut. Tapi pada bagian paling belakang retina tidak memilikinya, sehingga saat ada objek jatuh ke titik tersebut maka mata tidak dapat melihatnya. Bagian ini dinamakan titik buta.

  • Lensa

Lensa adalah bagian dalam mata yang sifatnya transparan dan lunak, letaknya ada pada bagian belakang iris. Fungsinya untuk mengumpulkan atau memfokuskan cahaya agar jatuh tepat pada retina.

  • Sklera (Selaput putih)

Sklera atau selaput putih adalah bagian putih pada mata, yang fungsinya untuk melindungi bola mata, struktur mata dan juga mempertahankan bentuk mata.

  • Saraf Optik

Saraf optik berfungsi menghantarkan getaran listrik, dari sel reseptor lalu ke retina dan meneruskannya ke otak. Jadi, saraf optik lah yang membuat kita bisa tahu bentuk suatu objek. Jika saraf optik ini terganggu atau rusak, maka mata tidak dapat melihat.

  • Koroid

Bagian dinding mata yang fungsinya menyuplai, darah, nutrisi dan oksigen menuju bagian mata lainnya. Koroid terletak antara  retina dan sklera. Biasanya koroid berwarna hitam atau hitam kecoklatan. Warna ini tujuannya agar cahaya tidak dapat dipantulkan kembali ke dalam bola mata.

  • Titik Buta

Titik buta fungsinya meneruskan serta membelokan berkas saraf menuju otak. Pada bagian ini tidak terdapat sel yang peka terhadap cahaya. Artinya bila ada bayangan benda yang jatuh pada bagian ini, maka mata tidak bisa melihatnya.

  • Konjungtiva

Konjungtiva adalah bagian mata dengan bentuk lapisan tipis jaringan yang jernih, fungsinya untuk menutupi seluruh bagian mata kamu. Konjungtiva terletak di bagian depan, selain untuk kornea.  

  • Bintik Kuning

Bintik kuning adalah bagian mata yang fungsinya sebagai tempat berkumpulnya reseptor cahaya.

  • Makula

Makula adalah area kecil yang terletak di tengah  retina  yang fungsinya  memberikan penglihatan dengan jelas. Dalam makula, terdapat juga fovea. Fovea tersebut letaknya di pusat makula dan berfungsi  untuk memberikan penglihatan yang paling tajam pada mata.

Dengan kata lain makula inilah yang berperan besar agar kamu dapat melihat berbagai warna dan detail dari suatu objek dengan sangat jelas dan tajam. Misalnya Makula membuat kamu bisa memasukkan benang ke dalam jarum atau membaca tulisan yang sangat kecil.

Baca Juga: Bagian Bunga dan Fungsinya

Cara Kerja Mata

Setelah kamu tahu bagian – bagian dan fungsinya masing-masing, pasti kamu juga mau tahu bagaimana cara kerja mata hingga dapat melihat objek di depannya. Berikut penjelasanya.

Pertama cahaya akan masuk melalui kornea. Lalu kornea akan mengatur masuknya cahaya ke dalam mata kamu. Kemudian, cahaya itu akan melewati pupil. Selanjutnya iris mata akan bertugas mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk dalam pupil.

1

Kemudian, cahaya akan melalui bagian lensa mata. Dan lensa akan bekerja sama dengan kornea untuk memfokuskan atau menitikkan cahaya dengan benar ke retina mata kamu.

2

Saat cahaya mengenai retina, maka sel-sel reseptor akan mengubah cahaya itu menjadi sinyal yang dikirim ke otak lewat saraf-saraf optik. Selanjutnya, otak yang akan mengubah sinyal menjadi gambar atau objek yang bisa kamu lihat.

3

Begitulah cara kerja mata, selanjutnya di bawah ini akan di bahas mengenai gangguan -gangguan pada mata yang bisa menyebabkan mata tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Gangguan-Gangguan Pada Mata

Ada beberapa jenis gangguan pada mata yang umum terjadi, antara lain:

1. Mata Merah atau Konjungtivitis

Konjungtivitis yaitu gangguan mata yang ditandai dengan mata kemerahan karena adanya peradangan pada konjungtiva (bagian dalam kelopak) dan jaringan bening di kelopak mata.

Biasanya gangguan mata ini terjadi karena adanya infeksi jamur, bakteri atau virus. Polutan atau paparan bahan kimia juga dapat mengiritasi mata juga dapat jadi penyebabnya.

2. Gangguan Refraktif

Gangguan refraktif adalah gangguan mata yang sering terjadi. Gangguan ini disebabkan karena adanya perubahan pada bola mata, kornea dan lensa mata yang telah menua. Mengakibatkan pandangan jadi tidak fokus, dengan gejala penglihatan jadi kembar atau buram.

  • Gangguan reaktif dibagi dalam 4 jenis yaitu:
  • Rabun jauh atau mata minus (myopia)
  • Rabun dekat (hipermetropi)
  • Presbiopi atau yang dikenal dengan mata plus
  • Astigmatisme atau mata silinder

3. Katarak

Katarak yaitu gangguan mata yang ditandai dengan keruhnya lensa mata, sehingga menyebabkan penglihatan menjadi buram. Kondisi ini semakin buruk seiring dengan semakin tua usia seseorang.

4. Glaukoma

Glaukoma adalah gangguan mata yang dapat merusak saraf optik, sehingga dapat menyebabkan mata buta. Kondisi ini terjadi karena meningkatnya cairan dalam mata. 

Glaukoma terbagi menjadi dua yaitu:

  • Glaukoma sudut terbuka

Yaitu glaukoma yang telah kronis karena telah terjadi dalam waktu yang lama, dan biasanya penderita tidak menyadarinya sampai kondisi ini sudah kronis. Akibatnya dapat menyebabkan penderita hampir kehilangan penyebabnya.

  • Glaukoma Sudut Tertutup

Yaitu glaukoma yang terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa sakit. Karena rasa sakit inilah membuat penderita segera berobat.

Kerusakan mata yang disebabkan glaukoma sifatnya permanen dan sulit disembuhkan. Karena itu, gangguan mata yang satu ini harus dikenali sejak dini  agar kebutaan mata dapat dicegah.

Fungsi Mata

Setidaknya ada 6 fungsi mata yang perlu kamu tahu, yaitu :

1. Sebagai Indera Penglihatan

Fungsi mata yang utama adalah sebagai indera penglihatan, mata dapat melihat objek yang dekat maupun jauh. 

2. Sebagai Alat Komunikasi

Mata juga berfungsi sebagai alat komunikasi walaupun berkomunikasi dengan mata tidak selalu dilakukan. Tapi kamu bisa memberi kode atau tanda lewat mata yang menunjukan isyarat akan tindakan.

3. Sebagai Keindahan

Bayangkan bila manusia tanpa mata di bagian wajahnya mungkin akan terlihat aneh. karena itulah mata juga berfungsi memberi keindahan dari sisi dan segi artistik manusia.

Setiap orang memiliki corak warna yang beragam pada matanya, ada yang berwarna coklat, hitam, biru dan abu-abu, ini juga menjadikan fungsi mata tak hanya untuk melihat tapi juga memperindah fisik seseorang.

4. Mengawasi segala hal yang mungkin membahayakan

Dengan mata kamu bisa melihat sekaligus mengawasi apa yang ada di sekitar kamu, kamu juga bisa lebih waspada dengan apa yang kamu lihat.  Kamu bisa menghindar dari sesuatu yang akan membahayakan kamu karena bisa melihatnya terlebih dulu.

5. Sebagai keseimbangan

Mata juga berfungsi sebagai keseimbangan yang akan membantu kamu bisa berdiri tegak. Karena mata merupakan bagian kecil dari sistem vestibular yaitu sistem yang berfungsi untuk keseimbangan tubuh. 

Melalui mata, kamu akan melihat dan mendapatkan informasi secara visual. Sehingga otak kamu akan siap dan mengerti tindakan yang harus dilakukan.

6. Mempelajari berbagai hal

Mata merupakan indera yang pertama kali merespon dan menerima informasi yang diberikan orang lain. Melalui mata, kamu bisa melihat kejadian di sekitarmu, membaca buku, serta mempelajarinya.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai bagian-bagian mata beserta fungsinya. dan gangguan yang bisa terjadi pada mata.  Semoga bermanfaat buat kamu.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan dalam artikel ini akan admin rumuskan dalam kalimat tanya jawab seperti berikut ini:

Apa Itu Mata?

Mata adalah salah satu indera manusia, yang berfungsi untuk melihat. Mata dapat melihat bila ada cahaya, bila dalam ruangan gelap mata tidak dapat melihat.

Apa saja Bagian-Bagian Mata?

Mata manusia terdiri dari 16 bagian mata yakni:
1. Kelopak mata
2. Bulu mata
3. Alis
4. Kelenjar air mata
5. Kornea
6. Pupil
7. Iris
8. retina
9. lensa
10. sklera
11. saraf optik
12. koroid
13. titik buta
14. konjungtiva
15. bintik kuning
16. makula

Apa saja Fungsi mata?

Secara umum mata manusia berfungsi sebagai:
1. sebagai indra pengelihatan
2. sebagai alat komunikasi
3. sebagai keindahan
4. mangawasi hal yang membahayakan
5. sebagai keseimbangan
6. mempelajarai berbagai hal

Daftar Pustaka

  • www.klinikmatanusantara.com/id/ ketahui-lebih-lanjut/tentang-mata/
  • hot.liputan6.com/read/3928075/ 6-fungsi-mata-manusia-yang- jarang-disadari-organ- penting-wajib-dijaga
  • blog.ruangguru.com/ bagian-bagian-mata
  • www.smarterhealth.id/ organ-tubuh/mata/
  • hellosehat.com/hidup- sehat/fakta-unik/anatomi -gambar-mata-manusia/
  • www.sehatq.com/artikel /jenis-gangguan-pada-mata -dari-ringan-sampai-berat

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment