Download File di Scribd Gratis

Scribd downloader adalah situs web yang bisa dimanfaatkan untuk mendownload file di Scribd tanpa harus berlangganan alias gratis.

Sedangkan Scribd sendiri adalah perpustakaan digital yang berisi jutaan audiobook, eBook, majalah, jurnal dan berbagai literatur lainnya dalam bentuk iPaper.

Anda bisa membuka Scribd dari perangkat apa pun yang kompatibel, baik dalam bentuk website maupun aplikasi yang bisa didownload dari App Store/Play Store.

Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang lebih untuk berlangganan, inilah informasi berguna yang perlu Anda perhatikan.

Cara Download File di Scribd

Cara Download dari Scribd sebenarnya tidak terlalu susah, kamu bisa membuat akun dan berlangganan sekitar Rp 130.000,-/bulan.

Selain didownload, dokumen dari Scribd juga bisa dibagikan antar pengguna. Jenis dokumennya sendiri sangat beragam, mulai dari PDF dan Word, hingga .txt dan.rtf.

Situs ini populer karena sangat membantu untuk tugas-tugas kuliah, sekolah, pekerjaan, atau untuk mendapatkan sumber yang sudah didapat dari tempat lain. 

Namun karena harus berlangganan, banyak orang enggan untuk menggunakannya.

Sebagai solusi, Anda bisa memilih salah satu website dibawah ini untuk download file di Scribd gratis.

1. Scribddownloader.org

Scribddownloader.org bisa membantu Anda mendownload file di Scribd tanpa login. Cara download Scribd dengan situs ini juga sangat cepat dan praktis, yaitu dengan mengikuti tiga langkah berikut ini:

  • Buka https://scribddownloader.org/.
  • Scroll kursor sampai bawah dan masukkan URL dari buku/majalah yang ingin Anda download dari Scribd ke kotak URL yang sudah disediakan. 
  • Klik tulisan “Download” dan tunggu beberapa detik sampai file terdownload sempurna.

2. DLScrib.com

Cara download file di Scribd gratis terbaru yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan DLScrib.com.

Menurut pengalaman sejumlah orang, situs ini bisa mendownload file dari Scribd dengan kecepatan yang stabil.

Cara download dokumen di Scribd dengan DLScrib.com sangat mudah, yaitu:

  • Buka browser apa saja dari laptop Anda, lalu ketik https://dlscrib.com/.
  • Pada kolom URL, masukkan URL dari dokumen atau file yang ingin Anda download. 
  • Anda bisa mendapatkan URL tersebut dengan terlebih dulu membuka website resmi Scribd di https://www.scribd.com/.
  • Tanpa login, klik ikon tiga baris horizontal di pojok kiri atas, lalu pilih di antara Books, Magazines, Audiobooks, Documents, atau Sheet Music. 
  • Setelah memilih salah satu (misalnya klik Books), carilah nama buku yang Anda inginkan, dan copy URL dari address bar.
  • Setelah menemukan URL dan memasukkannya ke kolom URL pada website DLScrib.com tadi, centang kotak kecil yang bertuliskan “By using this tool…….” dan klik “Download Link”.
  • Pada tampilan selanjutnya, centang kotak kecil bertuliskan “I’m not a robot” dan klik “Download PDF”. File yang Anda inginkan akan langsung tersimpan di laptop.

3. DocDownloader.com

Cara lainnya adalah dengan situs DocDownloader.com. Caranya hampir mirip dengan tutorial sebelumnya, yaitu:

  • Buka https://docdownloader.com/ dari browser.
  • Pilih menu “Scribd Downloader” dan masukkan URL dokumen/file yang ingin Anda download dengan cara yang sama seperti pada penjelasan sebelumnya.
  • Klik Get Link > centang tulisan I’m not a robot > klik Download PDF > klik Download Original PDF. Anda hanya perlu menunggu sampai proses download Scribd selesai.

Iklan: Selain tutorial download Scribd ini, mungkin kamu juga tertarik membac Cara Membuat CV Online dan Contoh Surat Lamaran Kerja.

4. Login ke Scribd

Cara download file di Scribd gratis selain menggunakan situs pihak ketiga adalah dengan login ke Scribd itu sendiri, tapi tidak perlu berlangganan.

Cara ini bisa Anda gunakan jika misalnya tiga cara sebelumnya tidak berhasil. 

Saat pertama kali membuat akun (registrasi) dan login, sebenarnya Anda tidak akan langsung ditodong untuk berlangganan, melainkan ditawari untuk membaca gratis selama 30 hari.

Perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buka https://www.scribd.com/.
  • Cari tulisan “Read Free for 30 Days” atau “Sign Up”, klik salah satu. 
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mendaftar akun. Anda bisa memilih untuk mendaftar melalui akun Facebook, Google, atau Email.

    Silahkan pilih salah satu (misalnya Email), lalu isi data yang dibutuhkan pada kolom-kolom yang sudah disediakan. 
  • Setelah mengisi data, klik “Sign Up”. Biasanya Anda akan mendapatkan email berupa pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil mendaftar akun di Scribd. 
  • Sekarang cobalah untuk login ke Scribd dengan email dan password yang sudah dibuat tadi.

Meskipun ada tulisan “Gratis 30 hari”, namun sebenarnya Scribd tidak benar-benar memberikan Anda dokumen secara gratis, melainkan dengan sistem barter.

Cara download file di Scribd dengan sistem ini adalah sebagai berikut:

  • Masih di halaman scribd.com tadi, carilah tulisan “Upload” di bagian atas halaman, dan klik. 
  • Selanjutnya klik tulisan “Select documents to upload” dan pilihlah sebuah dokumen berupa file PDF atau word dari laptop Anda.

    Dokumen ini bisa berupa buku, surat, makalah atau yang lainnya. Sebaiknya pilihlah file yang ukurannya kecil agar proses upload tidak lama.
  • Setelah memilih file, klik “Start uploading”.
  • Jika sudah terupload, Anda harus mengisi deskripsi dari dokumen tersebut, lalu pilih “Free” agar pengguna Scribd lainya bisa mendownload dokumen Anda secara gratis.
  • Jika sudah, klik “Save and Next”.

Sedangkan untuk cara download file di Scribd setelah Anda selesai mengupload dokumen adalah dengan kembali ke halaman utama Scribd.

Cari dokumen yang Anda butuhkan, lalu klik “Download”. Karena sudah barter, kini Anda bisa mendownload dokumen tanpa harus membayar.

Catatan: beberapa cara download file di Scribd dalam daftar ini akan membuat Anda mendapatkan tampilan buku/majalah dalam bentuk file biasa. Jika ingin mendapatkan tampilan majalah/buku yang sama persis seperti di Scribd, maka tidak ada cara lain selain berlangganan.

Scribd termasuk sumber ilmu praktis karena bisa dibaca kapan dan di mana saja tanpa buku fisik.

Jika enggan berlangganan, Anda bisa mendownload gratis seperti cara-cara di atas.

Tapi karena Scribd adalah situs resmi, download file di Scribd secara gratis termasuk ilegal, sehingga lebih aman jika berlangganan.

Daftar Pustaka
  • https://www.charis.id/cara-download-file-di-scribd/
  • https://qwords.com/blog/cara-download-scribd-gratis/
  • https://keepo.me/techno/cara-download-di-scribd-gratis/

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment