Cara Menulis Kutipan dari Berita Online

Cara Menulis Kutipan dari Berita Online ini masih ada kaitnya dengan pembahasan kemarin mengenai penulisan kutipan dengan APA Style dan MLA Style.

Saya ulang sedikit di sini.

Ada dua metode yang bisa kamu gunakan untuk menuliskan kutipan berita online. Dua metode tersebut adalah APA dan MLA. Kamu sebaiknya menyesuaikan standar atau ketentuan yang telah ditetapkan. 

Cara Menulis Kutipan dari Berita Online Gaya APA

Gaya kutipan yang pertama adalah American Psychological Association atau biasa disingkap APA. Gaya ini adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk karya ilmiah.

Di bawah ini terdapat langkah-langkah menuliskan kutipan berita online dengan style APA.

1. Mencantumkan Nama Penulis

Sebelum mulai mengutip, kamu perlu menulis daftar pustaka terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu selama menulis karya ilmiah. Hal pertama yang perlu dicantumkan adalah nama penulis. 

Pertama, tuliskan nama belakang penulis, diikuti tanda koma, kemudian ditambah inisial nama depan dan tengahnya. Jika penulis berita adalah sebuah lembaga, tuliskan namanya secara lengkap dan akhiri dengan titik.

2. Tahun Penerbitan

Jika kamu melihat data tentang waktu penerbitan berita, masukkan informasi tersebut ke dalam daftar pustaka. Tahun dituliskan di dalam tanda kurung.

3. Judul Halaman Web

Setelah tahun penerbitan berita, beri spasi untuk menuliskan judulnya. Untuk format APA, kamu hanya perlu menggunakan huruf kapital di huruf pertama judul. Beri tanda titik setelah menuliskan judul secara lengkap.

4. Tambahkan URL

Hal terakhir yang harus ditambahkan adalah URL lengkap dari berita online yang kamu kutip. Penulisan dimulai dari http atau https. Untuk memudahkan penulisan, kamu bisa copy langsung dari browser.

5. Menuliskan Kutipan di Dalam Pembahasan

Gaya APA menggunakan format nama penulis diikuti tahun penerbitan di akhir kalimat untuk mengutip berita online. Berikut ini contohnya.

Penelitian klinis dikerjakan untuk melakukan pengujian terhadap penanganan penyakit kanker (Asosiasi Kanker Indonesia, 2021).

Cara Menulis Kutipan dari Berita Online Gaya MLA

Selain APA, gaya yang sering dipakai dalam penulisan kutipan adalah MLA. MLA sendiri merupakan singkatan dari Modern Language Association. Berikut ini panduan menulis kutipan berita online menggunakan gaya MLA.

1. Awali dengan Nama Penulis

Sama seperti gaya APA, sebelum mengutip, kamu perlu menyiapkan daftar pustaka terlebih dahulu. Langkah pertama hingga kelima merupakan panduan menulis daftar pustaka kemudian dilanjutkan dengan cara mengutip berita online.

Hal pertama yang perlu dicantumkan adalah nama penulis atau penyusun berita. Nama belakang dituliskan terlebih dahulu, diikuti tanda koma dan nama depan penulis. Jika berita dituliskan oleh perorangan, tuliskan nama penyusunnya secara langsung.

Jika berita ditulis oleh sebuah lembaga seperti Perpustakaan Nasional Indonesia, Kompas, dan lain sebagainya, maka tuliskan nama tersebut di kutipan. Kamu tidak perlu mencantumkan nama penulis berita jika tidak tertera di situsnya.

2. Judul Halaman

Setelah mencantumkan nama penulis atau penerbit berita, sekarang tuliskan judul berita atau halaman yang kamu kutip. Untuk menulis judul berita, kamu harus menggunakan huruf kapital di setiap awal kata. Judul berita juga wajib berada di antara dua tanda kutip.

3. Nama Situs Web dan Tanggal Penerbitan

Ketik nama situs tempat kamu mendapatkan berita tersebut secara lengkap dan gunakan huruf besar untuk setiap kata. Setelah menulis nama situs web, beri tanda koma dan tambahkan tanggal penerbitan berita tersebut. Nama situs web wajib dicetak miring atau italic.

Sementara tanggal penerbitan tidak perlu dicetak miring. Penulisan tanggal dimulai dengan angka tanggal, diikuti nama bulan, kemudian tahun. Untuk nama bulan yang lebih dari 4 huruf wajib disingkat.

4. URL Berita

URL adalah alamat unik yang dimiliki oleh setiap halaman di internet. Kamu wajib mencantumkan URL tersebut pada kutipan bergaya MLA. Untuk penulisan URL atau link berita dimulai dari www tanpa menggunakan http atau https.

5. Tanggal Akses

Hal terakhir yang perlu dicantumkan dalam kutipan adalah tanggal akses berita. Kamu sebaiknya menuliskan frasa “Diakses pada” diikuti dengan tanggal, bulan, dan tahun. Penulisan tanggal di sini sama seperti tanggal penulisan berita yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Supaya lebih jelas, di bawah ini terdapat contoh kutipan berita online dengan style MLA.

Denada, Hayam. “Tanah Longsor di Kota X Memakan 4 Korban Jiwa”. Kompasss, www.kompasss.com/tanah-longsor-kota-x. Diakses pada 2 Feb. 2021.

6. Sisipkan Kutipan di Dalam Teks

Setelah kamu memasukkan semua informasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, lanjutkan dengan memasukkan kutipan di dalam teks. Penulisan kutipan gaya MLA menggunakan tanda kurung seperti di bawah ini:

“Tanah longsor lebih sering terjadi pada malam menjelang dini hari (Denada).”

Setelah memahami cara menulis kutipan dari berita online di atas, kamu sudah bisa mempraktikkannya di karya ilmiah yang sedang dikerjakan saat ini. Perlu diingat, kamu harus mencari sumber berita yang kredibel.

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment