Cara Menulis Kutipan dari Internet

Cara Menulis Kutipan dari Internet – Menulis karya ilmiah tentu membutuhkan sumber yang valid. Sumber tersebut bisa berasal dari jurnal maupun berita di internet.

Selain mencantumkan isinya, kamu juga perlu menuliskan sumbernya. Di bawah ini akan dijelaskan tentang cara menulis kutipan dari internet dalam karya ilmiah.

Kutipan dalam karya ilmiah berfungsi untuk menguatkan fakta atau menjadi ilustrasi dari hal-hal yang akan kamu sampaikan.

Dalam menuliskan kutipan, kamu harus mengikuti pedoman tertentu yang sudah menjadi standar di seluruh dunia. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui penjelasannya.

3 Cara Menulis Kutipan dari Internet

Sama seperti menulis kutipan dari jurnal atau buku, cara untuk mengutip berita di internet juga dibagi menjadi dua cara. Cara tersebut adalah langsung dan tidak langsung.

1. Kutipan Langsung

Kutipan langsung dapat ditulis di dalam tanda petik kemudian diikuti nama penulis, tahun tulisan tersebut diterbitkan, alamat atau situs internet, kemudian tanggal ketika kamu mengakses tulisan tersebut.

Supaya lebih memahami, kamu bisa melihat contoh di bawah ini.

“Wartawan zaman sekarang dituntut untuk memiliki keterampilan jurnalistik online dan teknik untuk beradaptasi dengan warganet serta dunia maya. Keterampilan tersebut bisa dilatih dengan cara blogging dan vlogging.” (Jonan Tea, 2018, https://jonantea.com/jurnalistik-now/, 2 Januari 2021)

Menulis kutipan langsung dari internet tidak harus dengan cara pertama tadi. Kamu juga bisa menggunakan cara kedua yang mencantumkan sumbernya terlebih dahulu. Setelah itu diikuti dengan kutipan yang dimaksud.

Supaya lebih jelas, di bawah ini ada contoh yang bisa kamu lihat.

Menurut Jonan Tea dalam situsnya https://jonantea.com/jurnalistik-now/, “Wartawan zaman sekarang dituntut untuk memiliki keterampilan jurnalistik online dan teknik untuk beradaptasi dengan warganet serta dunia maya. Keterampilan tersebut bisa dilatih dengan cara blogging dan vlogging.”

Baca Juga: Cara Menulis Kutipan dari Jurnal

2. Kutipan Tidak Langsung

Cara menulis kutipan tidak langsung dari situs website memiliki prinsip yang sama seperti mengutip jurnal. Hal pertama yang perlu dicantumkan adalah nama penulis diikuti kalimat yang kamu kutip dari sumber tersebut.

Jika kutipan langsung harus ditulis sama persis seperti yang tercantum di sumber, kutipan tidak langsung bisa kamu sesuaikan dengan bahasamu sendiri.

Berikut ini contohnya.

Jonan Tea dalam situsnya https://jonantea.com/jurnalistik-now/ menyebutkan bahwa seorang wartawan saat ini haru mempunyai skill jurnalistik online serta teknik adaptasi yang baik dengan warganet dan dunia maya. Wartawan bisa melatih diri dengan cara blogging dan vlogging.”

3. Menulis Kutipan dengan Format APA

APA merupakan kependekan dari American Psycjological Association yang menciptakan sebuah style untuk melakukan sitasi terhadap sumber-sumber referensi.

Biasanya, style ini dipakai untuk penulisan karya ilmiah di bidang sosial. Berikut ini cara menulis kutipan menggunakan format APA.

A. Cantumkan Nama Penulis

Nama penulis dalam format APA ditulis nama belakang terlebih dahulu diikuti koma dan inisial nama depannya. Jika ada lebih dari satu penulis, maka kutipan ditulis dengan format yang sama. Namun ditambah dengan koma serta tanda &. Berikut contohnya.

Purwanto, D.

Purwanto, D. & Sugian, E.

B. Sisipkan Tanggal Penerbitan

Setelah mencantumkan nama penulis, sekarang kamu diharuskan untuk menyisipkan tanggal penerbitan berita atau artikel di internet.

Format tanggal ditulis dengan mencantumkan tahun terlebih dahulu kemudian diikuti bulan dan tanggal. Penulisan tanggal juga harus ada di dalam tanda kurung.

Purwanto, D. (2020, Desember 20)

Purwanto, D. & Sugian, E. (2020, Desember 2020)

C. Masukkan Judul Referensi

Setiap berita online pasti memiliki judul, perlu diingat judul yang dimaksud di sini bukanlah nama website. Kamu perlu menuliskan judul dengan huruf besar atau kapital di awal.

Selanjutnya ditulis dengan huruf kecil. Contohnya ada di bawah ini.

Purwanto, D. (2020, Desember 20) Metode penelitian dan penjelasan.

Purwanto, D. & Sugian, E. (2020, Desember 2020) Jenis-jenis metode penelitian.

D. Sisipkan Deskripsi Format

Setelah memasukkan judul sumber atau referensi seperti di atas, sebutkan juga jenis format publikasi yang kamu kutip. Contoh yang paling banyak adalah halaman web serta kiriman blog. Untuk menuliskannya, kamu juga harus menggunakan huruf kapital di awal.

Deskripsi format referensi harus ditulis di dalam kurung siku, seperti di bawah ini.

Purwanto, D. (2020, Desember 20) Metode penelitian dan penjelasan. [Halaman web]

Purwanto, D. & Sugian, E. (2020, Desember 2020) Jenis-jenis metode penelitian. [Unggahan blog]

E. Akhiri dengan Informasi Akses Sumber Tersebut

Di bagian akhir, kamu harus menuliskan “Diakses dari” diikuti URL atau link referensi. Link atau URL harus dituliskan secara lengkap. Seperti contoh berikut.

Purwanto, D. (2020, Desember 20) Metode penelitian dan penjelasan. [Halaman web]. Diakses dari https://www.onlinestars.com/metode-penelitian-dan-penjelasan/ 

Purwanto, D. & Sugian, E. (2020, Desember 2020) Jenis-jenis metode penelitian. [Unggahan blog]. https://www.blogstars.com/jenis-jenis-metode-penelitian/.

Mengambil sumber atau referensi dari internet memang kurang disarankan untuk penulisan karya ilmiah.

Jika kamu terpaksa mengambil referensi tersebut, praktikkanlah cara menulis kutipan dari internet seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Daftar Pustaka
  • https://dosenbahasa.com/cara-menulis-kutipan-dari-internet
  • https://penerbitdeepublish.com/cara-menulis-kutipan-dari-berita-online/

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment