Contoh Autobiografi

Contoh Autobiografi, Pembahasan yang unik lagi.

Jadi harap fokus untuk menyimak pembahasan ini karena udah saya tulus lengkap agar kamu bisa mengerti cara membuat autobiografi sendiri.

Tersedia juga contoh autobiografi di paling bawah jika gak sabar baca penjalasan ini bisa langsung klik di sini.

Introduction

Apakah Anda pernah kagum dengan tokoh tertentu, sehingga ingin mengetahui seluk beluk hidupnya?

Kalau begitu, berarti Anda perlu membaca autobiografi beliau. Selain tokoh, Anda juga bisa menyusun mengenai diri sendiri.

Banyak contoh autobiografi yang bebas Anda download. 

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui sekilas apa itu autobiografi dan perbedaannya dengan biografi.

Berikut penjabaran lebih lengkap mengenai autobiografi, mulai dari cara menulis hingga contoh autobiografi versi singkat maupun panjang. 

Perbedaan Penulisan Autobiografi dan Biografi

Baik autobiografi maupun biografi, merupakan sama-sama karangan yang isinya menceritakan kehidupan seseorang.

Selain itu, beberapa informasi detail seperti nama lengkap, tempat & tanggal lahir, pendidikan, prestasi, dan identitas keluarga termasuk dalam kedua karya tulis tersebut. 

Tidak mengherankan kalau banyak yang menyamakan, padahal kedua istilah tersebut memiliki konsep yang berbeda.

Berikut perbedaan autobiografi dan biografi dalam tabel:

AutobiografiBiografi
Karya tulis riwayat hidup yang isinya lebih mendetail dan ditulis langsung oleh tokoh yang bersangkutan.Karya tulis riwayat hidup tokoh tertentu yang isinya detail, namun ditulis oleh orang lain.
Tokoh berperan sebagai penulis sekaligus narasumber. Karangan menggunakan sudut pandang orang pertama.Tokoh berperan hanya sebagai narasumber yang dimintai informasi oleh penulis. Karangan menggunakan sudut pandang orang ketiga.
Biasanya juga berisi perasaan dan pendapat pribadi yang ingin disampaikan oleh sang tokoh kepada para pembaca.Biasanya hanya berisi deskripsi yang informatif mengenai tokoh tertentu yang layak diketahui oleh para pembaca.
Tidak perlu mendapatkan izin untuk menulis maupun menerbitkan, karena memang sudah kehendak sang tokoh sebagai penulis.Perlu mendapatkan izin dari sang tokoh untuk bersedia dimintai informasi yang sifatnya pribadi, dan nantinya akan diterbitkan dalam sebuah buku.

Jadi, sudah jelas bahwa autobiografi tidak sama dengan biografi.

Autobiografi adalah suatu karya tulis mengenai riwayat hidup seseorang yang merupakan tokoh itu sendiri dan ditulis oleh tokoh yang bersangkutan juga. 

Apabila Anda membaca contoh autobiografi pasti isinya lebih padat dan detail, karena sang tokoh terlibat aktif dan penuh dalam penyusunan autobiografi. 

Tujuan Penulisan Autobiografi

Lalu, apa tujuan sang tokoh menceritakan mengenai dirinya sendiri?

Berikut 5 tujuan utama dari penulisan autobiografi:

  1. Memperkenalkan diri sendiri kepada orang lain.
  2. Memberikan informasi mengenai diri sendiri yang tidak orang lain dapat dari sumber manapun, sehingga orang lain merasa lebih dekat dan paham akan kehidupan seperti apa yang dijalani sang tokoh.
  3. Membagikan kisah inspiratif, pelajaran berharga, pesan kehidupan, maupun hal spesial lain yang pernah dialami oleh sang tokoh tersebut.
  4. Membagikan gagasan mengenai sesuatu yang dianggap bisa mendorong orang lain secara positif.
  5. Membentuk citra diri di mata publik. 

Kelima tujuan tersebut menjadikan autobiografi berisi hal-hal yang positif saja.

Anda tidak akan menemukan contoh autobiografi diri sendiri yang mengangkat pembahasan mengenai skandal tokoh tersebut, ataupun kegagalan bertubi-tubi tanpa diikuti kesuksesan. 

Cara Menulis Autobiografi

Siapapun dapat menulis autobiografi, termasuk Anda sendiri.

Apalagi jika sudah ada contoh autobiografi maka tinggal lihat susunannya dan bisa ditiru.

Walaupun menulis tentang diri sendiri, namun tidak boleh sembarangan karena ada beberapa aturan yang sebaiknya Anda ikuti.

Dengan begitu, autobiografi lebih rapi dan enak dinikmati oleh pembaca. 

Berikut cara menulis autobiografi diri sendiri yang menarik:

  1. Buat daftar mengenai peristiwa-peristiwa tertentu yang berbekas maupun yang Anda anggap penting secara urut, mulai dari masa kecil, masa remaja, dewasa, hingga stage kehidupan yang Anda alami saat menulis autobiografi.
  2. Buat daftar nama-nama orang yang berpengaruh dalam hidup Anda, misalnya orang tua, keluarga, dan sahabat. Selain itu, nama orang yang berperan besar dalam peristiwa tertentu yang Anda alami, maupun orang yang bisa menggerakkan Anda untuk melakukan perubahan.
  3. Susun kerangka autobiografi yang umumnya terdiri dari:
Kerangka autobiografi
  • Latar belakang keluarga
  • Latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh
  • Latar belakang prestasi yang berhasil diraih
  • Latar belakang pekerjaan yang pernah didapat (khusus yang sudah bekerja) 
  • Latar belakang karya yang pernah dibuat sebelumnya (opsional) 
  1. Mulai menulis apapun yang Anda ingin bagikan dan jangan khawatir membuat kesalahan. Sebab, Anda sedang menuangkan tentang diri sendiri, sehingga bisa bebas menggunakan gaya penulisan apapun. Selain itu, jujurlah selama menulis dan berikan data yang memang nyata. 

Selain kerangka umum tersebut, teks autobiografi juga dapat berisi kisah kehidupan yang menekankan pada bagian tertentu.

Contohnya, pengakuan akan perbuatan tercela yang pernah dilakukan, sehingga orang lain dapat memetik pelajarannya dan pengalaman spiritual.  

Cara Membuat Autobiografi Singkat untuk Tugas Sekolah

Tidak ada patokan pasti tentang panjang isi biografi karena sifatnya fleksibel.

Pada umumnya, karangan riwayat hidup yang sekedar untuk tugas sekolah termasuk dalam contoh autobiografi singkat.

Beberapa panduan penting untuk menulis autobiografi yang singkat adalah dimulai dengan perkenalan diri sendiri, keluarga.

kemudian dilanjut dengan momen berharga yang pernah dialami, dan ditutup dengan cita-cita yang ingin diraih. 

Agar lebih jelas, berikut contoh autobiografi dari lahir sampai SMA:

Contoh Autobiografi

Namaku adalah Roro Anjani, lahir di Surabaya pada tanggal 9 Agustus 2004. Aku terlahir sebagai anak bungsu dua bersaudara dari pasangan Adi Purwono dan Siti Muhaimah. Dalam keseharian, aku biasa dipanggil Anja. Kedua orang tuaku bekerja sebagai guru SMP dan kakak perempuanku yang bernama Nurul Ratnasari adalah mahasiswa semester 3 jurusan Psikologi. Aku sangat mencintai keluargaku. 

Aku menempuh pendidikan SD saat berumur 6 tahun di SDN 1 Melati lalu melanjutkan ke SMP Negeri 1 Surabaya tempat ibuku mengajar. Kebetulan rumahku memang tidak jauh dari lokasi SMP tersebut, sehingga aku sering jalan kaki atau naik sepeda. Setelahnya, aku melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Surabaya dan sekarang sedang berada di kelas IX.

Pelajaran favorit selama sekolah adalah matematika, bahkan aku masih menyukainya sampai SMA. Aku merasa sangat senang mempelajari rumus-rumus dan menggunakannya untuk memecahkan suatu soal. Aku sangat giat belajar untuk mengasah kemampuan dan bertanya kepada guru apabila tidak paham akan suatu soal. Sampai suatu ketika saat berada di kelas VIII,  aku ditunjuk sebagai perwakilan sekolah dalam kompetisi OSN jenjang SMA.

Saat itu aku harus menempuh seleksi di tingkat kabupaten dan provinsi terlebih dahulu. Aku lolos seleksi di tingkat kabupaten, namun ketika di tingkat provinsi ternyata aku gagal. Nilaiku hanya selisih sedikit sekali dengan peserta yang lolos seleksi, sehingga mewakili Provinsi Jawa Timur.

Walaupun begitu, aku tetap senang dan bangga dengan pencapaian yang aku raih. Orang tua, kakak, para guru, dan teman-teman memberi selamat kepadaku. Bahkan aku mendapatkan piagam dari kepala sekolah dan hadiah dari teman sekelas serta keluarga. Momen tersebut sangat berharga karena aku bisa merasakan pengalaman baru yang luar biasa, dan bertemu dengan banyak siswa sekolah lain yang bisa aku jadikan teman.

Mereka juga sangat pintar dan teliti, sehingga memberi aku semangat untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan. Selepas lulus SMA nanti, aku berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di jurusan Matematika Universitas Brawijaya. 

Di atas adalah contoh autobiografi yang menggambarkan roro anjani mulai dari dia lahir sampai dia SMA. serta di akhir autobiografi dia juga ingin berkuliah di universitas brawijaya.

Contoh Autobiografi

Secara umum, bagian pembuka autobiografi bisa dibuat sama seperti pada versi pendek yakni memperkenalkan data diri terlebih dahulu.

Berikut contoh autobiografi Pada bagian pembuka:

1. Contoh Autobiografi dengan Bahasa Indonesia

Nama saya adalah Nurul Aulia Permata dan biasa dipanggil dengan Aulia. Saya lahir di sebuah kampung kecil bernama Kusuma Wijaya pada tanggal 18 Juli 2000. Saya lahir sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Saya tinggal dalam keluarga yang sangat sederhana, namun penuh kehangatan. 

2. Contoh Autobiografi Bahasa Inggris 

My name is Rahmawati Herawati and ‘Rahma’ is my nickname. I was born in Semarang, October 19th 1999 as the second daughter. My father’s name is Wahyu Aji and My mother’s name is Ningsih Purwa. Both of my parents are teachers in Senior High School. I have an older sister named Sari Mutiara and she is a college student. 

3. Contoh Autobiografi Panjang

Pembuka pada autobiografi yang lebih panjang boleh tidak selengkap seperti versi pendek diatas.

Sebab, Anda masih bisa menuliskan kelengkapannya pada bagian selanjutnya.

Berikut contoh autobiografi dengan pembuka yang panjang dalam bahasa Indonesia:

Contoh autobiografi panjang

Nama saya adalah Nurul Aulia Permata dan biasa dipanggil dengan Aulia. Saya lahir di sebuah kampung kecil bernama Kusuma Wijaya pada tanggal 18 Juli 2000. Saya lahir sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Saya tinggal dalam keluarga yang sangat sederhana namun penuh kehangatan.

Ayah saya bernama Aji Wahyu yang bekerja sebagai petani. Sedangkan ibu saya bernama Sri Rahayu yang bekerja sebagai penjahit. Saya memiliki dua adik perempuan kembar bernama Nana dan Nani yang masih kelas VII SMP. Mereka bersekolah di SMP yang tidak jauh dari desa kami, sehingga cukup berjalan kaki.

Saat ini saya sedang berkuliah di universitas swasta di kota kabupaten dengan jurusan Tata Busana. Sebab orang tua saya tidak mampu apabila harus membiayai dengan uang sendiri. Apalagi kedua adik saya juga masih bersekolah.

Saya mulai masuk SD pada usia 6 tahun. Saat itu, saya sering diantar oleh ibu menaiki sepeda, kemudian gantian ayah saya yang menggunakan sepeda itu untuk pergi ke sawah. Kalau pulang lebih awal dari sekolah, saya sering mengunjungi ayah di sawah sembari menunggu ibu mengantar makan siang. Sangat nikmat menyantap makan bersama di gubuk yang ada di tengah sawah. Hal sederhana yang sudah membuat saya sangat bahagia. Terkadang, saya juga membantu ayah menjemur padi di pekarangan rumah.

Ibu yang bekerja sebagai penjahit terkadang sangat sibuk sewaktu musim mau lebaran dan masuk sekolah. Banyak sekali orang yang membuat baju baru dan seragam sekolah. Karena tidak mahir menjahit, saya biasanya hanya membantu mengambilkan kain dan alat apapun yang ibu perlukan. Saat saya kelas 2 SD, ibu melahirkan dua adik kembar, sehingga kami terpaut 7 tahun. Karena repot menjaga kedua adik saya, maka ibu memutuskan untuk berhenti menjahit sebentar.

Tahun 2011, saya lulus SD dan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP. Pada saat itu, keuangan keluarga sedang sulit, sehingga saya mencari sekolah terdekat dengan biaya yang termurah. Kedua adik saya yang masih berumur 4 tahun juga membutuhkan banyak biaya, sehingga ayah harus bekerja lebih keras dan ibu terpaksa mulai menjahit kembali.

Setiap pulang sekolah, saya mulai berlatih menjahit agar bisa membantu ibu sata pesanan sedang banyak. Lama kelamaan saya mulai terbiasa dan bisa membuat satu buah rok pendek. Rok tersebut adalah karya pertama yang saya sangat banggakan dan selalu saya pakai ketika di rumah.

Saya mulai benar-benar membantu ibu menjahit baju yang lebih rumit saat kelas IX SMP. Walaupun begitu, saya tetap memenuhi kewajiban sebagai pelajar yaitu belajar.

Kemampuan menjahit yang ibu ajarkan mendorong saya untuk masuk sekolah kejuruan. Syukurlah ada SMK yang lokasinya tidak jauh dari tempat saya tinggal, sehingga biasa memangkas biaya transportasi. Pada tahun 2014, saya masuk SMK jurusan tata busana sedangkan kedua adik saya mulai masuk SD. Sembari tetap membantu ibu, saya kerap membuat desain baju sederhana. Sampai suatu ketika ada perlombaan fashion antar SMK di kabupaten. Kemudian, saya memutuskan untuk membuat baju berdasarkan desain yang saya buat dan ternyata saya menjadi juara. Momen tersebut sangat membuat saya bahagia dan orang tua bangga.

Sebagai hadiah, saya diikutkan kursus merancang busana selama 2 minggu di kota provinsi dan mendapatkan biaya pembinaan. Uang tersebut saya gunakan untuk membayar biaya sekolah, sehingga meringankan beban orang tua. Selepas lulus SMK, saya tidak langsung melanjutkan kuliah karena terkendala biaya. Oleh sebab itu, saya membuka kursus menjahit untuk siapapun yang ingin belajar.

Selama 1 tahun saya membuka kursus dan tepat di penghujung tahun, salah satu guru saya menghubungi bahwa ada program beasiswa untuk alumni yang berprestasi. Saya langsung bersemangat dan meminta restu kepada kedua orang tua. Setelah semua persyaratan dipenuhi, saya langsung mengirimkannya ke pihak sekolah. Alhamdulillah akhirnya saya dinyatakan lolos seleksi dan berhak mendapatkan beasiswa kuliah full di jurusan Tata Busana.

Saya masuk kuliah pada tahun 2019 sedangkan kedua adik saya sedang mengenyam pendidikan di jenjang SMP. Ibu saya masih meneruskan menjahit dan ayah saya juga masih membajak sawah, walaupun bukan milik sendiri. Dengan mendapatkan beasiswa, saya bisa meringankan beban keluarga sekaligus mengembangkan kemampuan yang saya miliki.

Pantang menyerah, selalu bersyukur dan meminta restu kepada orang tua memang kunci hidup yang tidak boleh kita tinggalkan.

saya sudah memberikan dua contoh autobiografi yang panjang, saya harap anda sudah bisa membuatnya sendiri.

Kesimpulan

Apakah sudah siap menyusun autobiografi Anda sendiri?

Penulisan autobiografi cukup mudah karena Anda memiliki kebebasan asalkan berpatokan pada kerangka umum, sehingga tulisan lebih mengalir dan mudah dipahami.

Selain itu, Anda juga bisa menekankan pada satu hal. Misalnya, satu momen berharga yang benar-benar mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

Dengan begitu, Anda bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembaca. 

Daftar Pustaka
  • https://www. penulisbiografiindonesia. com/tag/autobiografi-adalah/
  • https://dosenbahasa.com/ perbedaan-biografi-dan -autobiografi-dalam-bahasa- indonesia
  • https://www.zenius.net /prologmateri/bahasa-indonesia /a/556/autobiografi

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment