Contoh Company Profile PDF

Company Profile adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan diri secara profesional kepada audiens.

Gambaran Umum

Pada ulasan kali ini,

Kita akan membahas mengenai contoh company profile / profil perusahaan yang dapat Anda download.

Pada umumnya company profile berisi tentang identitas perusahaan serta informasi mengenai produk yang akan dijual.

Tujuan utama pembuatan profil perusahaan ini adalah untuk menarik perhatian minat pembaca.

Oleh sebab itu haruslah ditulis dan didesain semenarik mungkin.

Fungsi Company Profile

Sebuah profil perusahaan yang bagus dapat memberikan peningkatan perusahaan secara signifikan.

Hal ini sesuai dengan tujuan company profile antara lain:

1. Sebagai Branding dan Media Pengenalan

Karena memuat informasi-informasi secara detail tentang suatu perusahaan. Melalui profil perusahaan, diharapkan masyarakat akan menjadi tahu tentang perusahaan dan produk yang ditawarkan.

2. Sebagai Alat Representasi

Pada umumnya sebuah profil perusahaan juga akan memuat visi, misi, logo, serta foto produk yang dihasilkan perusahaan.

Oleh sebab itu, bisa digunakan untuk merepresentasikan produk yang akan dijual kepada audiens.

3. Sebagai Alat Marketing

ternyata profil perusahaan dapat dijadikan sebagai salah satu strategi marketing oleh perusahaan.

karena didalamnya juga memuat berbagai informasi mengenai produk dan perusahaan. Jadi tidak heran jika pembuatannya harus menarik.

4. Sebagai Publikasi Dalam Sponsorship Event

Tentunya dalam kegiatan sponsorship dibutuhkan gambaran-gambaran umum mengenai perusahaan.

Pihak pengiklanan akan mengiklankan gambaran umum yang diberikan oleh perusahaan.

Contoh Company Profile

Setelah mengetahui pengertian serta fungsinya, mari kita lihat berbagai macam contohnya.

Contoh company profile perusahaan akan memberikan referensi ketika Anda ingin membuatnya.

Oh ya,

Sebuah profil perusahaan wajib memuat hal-hal berikut ya:

  1. Tujuan
  2. Visi dan Misi

Sehingga audiens dapat memahami deskripsi perusahaan.

1. Contoh Company Profile Perusahaan Kontraktor

Klik download untuk mendapatkan contohnya.

Versi Gambar
Download Verisi Lengkap

Format File (PDF)
*Google Drive (3MB)

NB: Sebenarnya masih panjang gambarnya, lebih baik kamu download aja versi lengkapnya.

2. Contoh Company Profile PDF

Untuk melihat contoh CP dalam bentuk pdf, Anda dapat klik download ini.

Contoh di bawah ini sebenarnya ada 15 Slide,

Unduh untuk versi lengkapnya.

Versi Gambar
Download Verisi Lengkap

Format File (PDF)
*Google Drive (3MB)

3. Contoh Company Profile Word

Untuk melihat bentuknya,

kamu bisa klik versi gambar dibawah.

Sebenarnya total word ada 60+ halaman, tapi di bawah ini hanya di sediakan 3 halaman untuk contoh.

Versi Gambar
Download Verisi Lengkap

Format File (Word)
*Google Drive (21MB)

Selain artikel ini, mungkin kamu juga tertarik membaca:

Cara Membuat Company Profile

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda gunakan dalam membuat Company Profile:

1. Menentukan Perusahaan Dengan Jelas

Dalam sebuah profil perusahaan tentunya harus memuat identitas yang jelas.

Langkah penting yang harus di pertimbangkan adalah menentukan hal-hal terkait perusahaan, seperti:

  • Produk yang akan dijual
  • Target pasar dan segmentasi pasar.
  • Menentukan nilai-nilai perusahaan.

2. Menentukan Tujuan Pembuatan

Pada dasarnya tujuan pembuatannya adalah untuk menarik perhatian dan minat masyarakat.

Akan tetapi, sebagian perusahaan menggunakan profil perusahaan untuk menarik investor serta untuk portofolio.

Salah satu alasan tujuan pembuatan profil perusahaan harus ditentukan ialah agar memudahkan penulis atau content writer memahami konsep perusahaan.

Jika Anda ingin membuat profil perusahaan sebagai portofolio maka sebaiknya menitikberatkan pada alur penjualan produk.

3. Sewa Penulis

Langkah selanjutnya adalah sewa penulis untuk membuat isi profil perusahaan, baik penulis tetap maupun penulis lepas.

Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena di Indonesia memiliki banyak penulis yang berkompeten, misalnya mahasiswa lulusan universitas.

Penting sekali untuk mencari penulis yang mampu menciptakan tulisan berkualitas. Hal ini dikarenakan sebuah profil perusahaan akan sangat berkaitan dengan kegiatan marketing dan branding. 

Penulis profil perusahaan tidak hanya sekedar orang biasa saja, namun upayakan untuk menyewa penulis yang bisa membuat copywriting.

Apabila perusahaan Anda masih baru dalam merintis maka Anda dapat menggunakan penulis lepas.

4. Orisinalitas

Sebuah perusahaan tentunya harus mengutamakan orisinalitas, baik profilnya maupun produknya.

Isi profil perusahaan yang hanya menyalin menandakan bahwa perusahaan tidak mempunyai identitas yang jelas.

5. Menentukan Gaya Penyampaian

Menentukan gaya penyampaian mengenai informasi perusahaan dalam profil perusahaan merupakan hal yang tidak mudah.

Akan tetapi, hal ini sangat mempengaruhi minat para pembaca. Usahakan untuk menyampaikan ciri khas dari perusahaan yang Anda miliki.

Misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang kreatif, maka target utamanya adalah anak muda.

Maka sebaiknya Anda membuat profil perusahaan dengan penampilan yang lebih ceria dan modern.

6. Membuat Outline Company Profile

Sebenarnya tidak ada outline baku yang dapat Anda jadikan pedoman dalam pembuatan profil perusahaan.

Pada umumnya profil perusahaan akan berisi mengenai sejarah perusahaan, value yang dianut perusahaan, serta usaha yang dijalankan perusahaan tersebut.

Tips Membuat Company Profile

Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat company profile yang menarik:

1. Usahakan Sederhana

Sederhana yang dimaksud bukanlah bentuk atau tampilan, melainkan isinya yang pada dan jelas.

Mengenai tampilan justru Anda harus membuatnya sekreatif mungkin agar dapat menarik minat pembaca.

Dalam pembuatan profil perusahaan Anda wajib informasi secara lengkap tentang perusahaan yang sedang dijalankan.

Oleh sebab itu, Anda akan membutuhkan desainer serta copywriter yang handal.

2. Menentukan Target Pasar dengan Jelas

Pembuatan profil perusahaan tanpa mengetahui target pasar akan mengakibatkan isinya tidak relevan.

Misalnya target pasar perusahaan Anda berupa anak muda, maka Anda dapat menyesuaikan desainnya dengan cara lebih simpel, berwarna, dan memakai banyak gambar.

3. Pilihlah Platform yang Tepat

Platform yang tepat merupakan kunci kesuksesan dari sebuah profil perusahaan.

Pada era yang serba teknologi ini tentu tidak disarankan untuk Anda menyebar cetakan profil perusahaan secara manual.

Apabila target pasar Anda merupakan anak muda, maka sebarkan melalui internet.

Hal ini dikarenakan anak muda lebih cenderung menyukai informasi yang berasal dari internet. 

Namun, jika target pasar Anda adalah orang tua atau lansia, maka profil perusahaan juga harus disebar secara manual.

Tidak semua orang tua atau lansia menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.

3. Tingkatkan Kreativitas

Kreativitas memanglah mahal harganya, namun kreativitas akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis Anda.

Usahakan untuk mendesai sekreatif mungkin, baik dari isi maupun desainnya.

Kesimpulan

Dalam mendesain profil perusahaan tentunya dibutuhkan seorang desainer grafis yang handal.

Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan jasa dalam pembuatan desain profil perusahaan. Pada kenyataannya desain-desain produk yang bagus akan lebih menarik minat konsumen.

Meskipun menyewa seorang desainer harus menguras kantong, namun Anda akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Sebuah profil perusahaan tidak bisa jika hanya dibuat oleh orang biasa saja. Walaupun hanya pengenalan sebaiknya ditulis oleh copywriter profesional.

Beberapa contoh company profile download tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Daftar Pustaka
  • https://www.graprint.com/pengertian-dan-fungsi-company-profile/
  • https://bills.alterra.id/cara-membuat-dan-contoh-company-profile-yang-menarik/

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment