Contoh Reaksi Asam Basa Pengertian, dan Teori Asam Basa

  • Whatsapp
Contoh Reaksi Asam Basa Pengertian, dan Teori Asam Basa
Contoh Reaksi Asam Basa Pengertian, dan Teori Asam Basa

Reaksi Asam Basa jika dalam Ilmu Kimia yakni merupakan suatu Reaksi Kimia yang melibatkan Reagen (Zat atau Senyawa Kimia). Untuk Lebih jelasnya lagi kami akan mengulas materi makalah mengenai Reaksi Asam Basa mulai dari Pengertian Asam Basa, Teori Asam Basa, dan Contoh Reaksi Asam Basa. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Reaksi Asam Basa?

Definisi Reaksi Asam Basa jika dalam Ilmu Kimia yakni merupakan suatu Reaksi Kimia yang melibatkan Reagen (Zat atau Senyawa Kimia). Reagen Asam yang digunakan dapat berupa Asam Lemah maupun Asam Kuat, Demikian juga dengan Reagen Basa yang digunakan berupa Basa Lemah ataupun Basa Kuat.

Apa Saja Teori Asam Basa dalam Kimia?

Teori asam basa yang kita kenal umumnya ada 3, yakni:
1. Teori Bronsted-Lowry
2. Teori Arrhenius
3. Teori Lewis

Apakah ada Contoh Reaksi Asam Basa?

Dalam artikel ini, kami sajikan 5 contoh reaksi asam basa antara;
1. Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Basa
2. Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa
3. Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa
4. Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Amonia
5. Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa

Teori Asam Basa

Berikut ini merupakan teori Asam Basa yang telah dikemukakan oleh beberapa ilmuwan, diantaranya ;

  1. Teori Bronsted-Lowry
    Menurut beliau asam merupakan senyawa yang dapat memberi proton (H+) untuk senyawa lain, Sementara itu untuk basa dapat menerima proton (H+) dari senyawa lain. Adapun reaksi asam basa bisa mereaksi perpindahan pada suatu proton pada satu senyawa ke senyawa yang lain.
  2. Teori Arrhenius
    Menurut Teori Arrhenius, Asam adalah sifat pada suatu senyawa yang akan dapat melepas ion hidrogen (H+) apabila diuraikan kedalam air. Apabila basa merupakan sifat yang mana suatu senyawa yang bisa melepas ion hidroksida (OH-) jika diuraikan kedalam air. Reaksi asam basa ialah reaksi yang membentuk H2O pada ion-ion H+ dan OH-.
  3. Teori Lewis
    Teori Lewis, Asam adalah suatu senyawa yang dapat menerima pasangan elektron bebas pada senyawa yang lain, dan Basa adalah senyawa yang dapat memberi pasangan elektron bebas kepada senyawa yang lainnya. Selain itu, Reaksi asam basa adalah reaksi untuk membentuk ikatan antara asam dan basa.

Contoh Reaksi Asam Basah

1. Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Basa

Pada Larutan Netralisasi telah terjadi peristiwa antara Asam Kuat dengan Basa Kuat yang bisa menghasilkan persamaan reaksi Ion serta dengan persamaan Molekuler dari Reaksi Penetralan (Reaksi Asam & Basa) Antara Basa Asam dengan Basa tersebut biasanya akan menghasilkan Air & Garam.

ASAM + BASA → GARAM + AIR

Contoh Reaksi Asam & Basa Antara Asam dengan Basa, Apabila suatu Reaksi antara Larutan Asam Klorida dengan Larutan Natrium Hidroksida maka akan mendapatkan Larutan Garam Natrium Klorida dan Air.

Berikut ini adalah Contoh Soal Reaksi Asam &  Basa Antara Asam dengan Basa dengan pertanyaan seperti ini, ” Temukan dan Tuliskan Persamaan pada Molekul, Persamaan Ion Lengkap serta Persamaan Ion Bersih untuk Reaksi Asam dan Basa Larutan Asam Nitrat yang ditambahkan Larutan Kalium Hidroksida.

Contoh Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Basa
Reaksi Asam Basa

2. Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa

Dalam ilmu kimia Oksida asam merupakan Oksida Non Logam yang ketika dilarutkan ke dalam air akan membentuk Asam dan kemudian melepaskan Ion H+. Reaksi Antara Oksida Asam dan Basa ini akan membentuk Garam dan juga Air.

OKSIDA ASAM + BASA → GARAM + AIR

Contoh Soal Reaksi Asam Basa, Oksida Asam dengan Basa dengan pertanyaan  seperti : Reaksi antar Gas Karbon Dioksida dgn Larutan Natrium Hidroksida (CO2 + NaOH).

Contoh Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa
Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa

3. Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa

Dalam ilmu Kimia, Oksida basa merupakan suatu Oksida Logam yang ketika dilarutkan dalam Air maka akan membentuk Basa & akan melepaskan Ion H-. Reaksi Antara Asam dan Oksida Basa itu nantinya akan membentuk Garam dan Air seperti dibawah ini :

ASAM + OKSIDA BASA → GARAM + AIR

Contoh Soal Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa, Pertanyaannya : Temukan Persamaan Molekul, dan Persamaan Ion Lengkap serta Persamaan Ion Bersih apabila Reaksi Antara Asam Bromida dgn Natrium Oksida.

Contoh Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa
Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa Lengkap

4. Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Amonia

Dalam ilmu Kimia Anomia yakni merupakan Basa Lemah yang mana ketika dilarutkan kedalam Air maka akan terbentuk NH4OH & Reaksi Antara Asam dengan Amonia Dan anomia ini akan menghasilkan Garam Amonium dgn Reaksi seperti berikut ini :

ASAM + NH3 → GARAM AMONIUM

Contoh soal Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Amonia, Pertanyaanya : Temukan Persamaan Molekuldan Persamaan Ion Lengkap serta carilah Persamaan Ion Bersih jika Reaksi Antara Asam Klorida dengan Amnonia (HCI + NH3).

Contoh Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Amonia
Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Amonia Lengkap

5. Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa

Apabila terjadi Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida basa maka akan terbentuk Garam dengan Reaksi seperti berikut ini :

OKSIDA ASAM + OKSIDA BASA → GARAM

Contoh Soal Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa, Soalnya seperti berikut ini : Temukan dan tuliskan Persamaan Molekul dan Persamaan Ion Lengkap serta Persamaan Ion Bersih apabila Reaksi Kalsium Oksida padat direaksikan dgn Gas Belerang Oksida.

Contoh Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa
Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa Lengkap

Demikianlah ulasan kami mengenai Contoh Reaksi Asam Basa, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *