Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan salah satu teks yang dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Teks ini adalah teks yang menarik untuk dipelajari, namun Kamu perlu melihat contoh teks eksposisi singkat secara langsung agar pemahamanmu semakin bagus dan matang tentang teks ini.

Harus diketahui, dengan menguasai teks eksposisi, Kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Hal itu karena teks ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan kehidupan manusia.

Terutama, manakala manusia hendak meyakinkan orang lain atau mempengaruhi pandangannya.  

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
Pengertian Teks Eksposisi

PAda dasarnya, pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi gagasan atau pendapat yang disampaikan oleh seorang penulis dengan disertai dengan argumen yang mendukung gagasannya.

Teks ini dibuat untuk meyakinkan orang lain yang membacanya. Agar teks ini bisa mencapai tujuan penulisannya, maka pemaparan argumentasi harus berisi sesuatu yang berdasarkan kenyataan.

Bisa berupa data, pengalaman, dan hal-hal lain yang punya kekuatan untuk meyakinkan orang lain. Tanpa argumentasi yang semacam itu, maka teks ini tidak memiliki daya yang memadai.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi tersusun dari struktur yang membangunnya. Struktur teks eksposisi inilah yang membedakan teks ini dengan teks-teks lain yang dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Struktur yang dimaksud antara lain:

1. Tesis (Pernyataan Pendapat)

Tesis (Pernyataan Pendapat)
Tesis (Pernyataan Pendapat)

Berisi pernyataan awal penulis mengenai pendapatnya terhadap topik yang dibahas. Umumnya cukup disampaikan dalam satu paragraf saja.

2. Argumentasi

Argumentasi
Argumentasi

Pengertian argumentasi adalah rangkaian informasi atau paparan yang berisi berbagai data yang menguatkan pendapat.

Tujuan disajikannya untuk meyakinkan orang terhadap tesis yang dipegang oleh penulis.

3. Penegasan Ulang

Penegasan Ulang
Penegasan Ulang

Ini adalah bagian paling akhir dari teks ini. Isinya menegaskan kembali pendapat atau tesis penulis di bagian awal.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Untuk membuatmu mampu memahami hakikat teks eksposisi, Kamu perlu untuk melihat langsung contoh teks eksposisi. Dengan melihat contoh-contohnya, maka Kamu akan paham bagaimana wujud dari teks yang satu ini.

Dalam kesempatan ini, Kami sengaja tidak menyajikan contoh teks eksposisi panjang, namun hanya akan menampilkan contoh teks eksposisi yang singkat agar lebih cepat dan mudah dicerna.

1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan (Pentingnya Belajar)

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan (Pentingnya Belajar)
Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan (Pentingnya Belajar)

Belajar adalah suatu proses kegiatan untuk menambah ilmu pengetahuan, sehingga seseorang yang melakukannya menjadi sosok yang terpelajar.

Belajar ini merupakan kegiatn yang penting dilakukan oleh manusia. Faktanya, banyak orang yang kesulitan dalam hidupnya karena Ia tidak serius belajar ketika muda.

Lebih asik berleha-leha dan menghabiskan waktu dengan hal yang tak berguna. Akhirnya, ketika tua punya banyak ilmu untuk bisa dijadikan saran bekerja.

Dalam agama, Ilmu juga adalah hal yang penting karena menyangkut kehidupan akhirat.

Dalam agama, diwajibkan bagi manusia untuk menuntut ilmu. Ilmu akan menjadi petunjuk dan penerang jalan.

Oleh karena itu, jika ada manusia yang merasa belajar itu tidak penting, tentu Ia memiliki pemahaman yang keliru dan harus diluruskan. Tidak semestinya berpikir seperti itu.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan (Makanan yang Bergizi)

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan (Makanan yang Bergizi)
Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan (Makanan yang Bergizi)

Makanan yang bergizi adalah makanan yang memiliki kandungan gizi baik sehingga bisa membantu tubuh untuk bekerja dengan normal dan optimal.

Jika Kita ingin hidup sehat dan nyaman, sudah sepatutnya menjaga setiap makanan yang masuk dalam tubuh agar senantiasa bergizi.

Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat makanan yang masuk ke dalam tubuh kita tidak bergizi. Diantaranya diare dan sakit perut. Penyakit ini mungkin terlihat sepele, namun lama-lama bisa berbahaya juga.

Bahkan, ada juga penyakit-penyakit berat yang diakibatkan oleh makanan. Mulai dari kolesterol hingga darah tinggi. Asupan yang buruk atau bisa juga karena gizi yang masuk tidak seimbang, menjadikan itu semua terjadi.

Maka dari itu, sedari muda kita mesti menjaga tubuh kita agar senantiasa diisi dengan makanan yang baik-baik. Dalam bahasa yang populer, mencegah lebih baik daripada mengobati. Setuju kan?

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan (Menjaga Lingkungan Alam Sekitar)

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan (Menjaga Lingkungan Alam Sekitar)
Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan (Menjaga Lingkungan Alam Sekitar)

Lingkungan adalah segala hal yang ada disekitar kehidupan manusia. Tentu saja, lingkungan ada banyak macamnya, termasuk lingkungan alam.

Sebagai manusia, Kita harus bersahabat dengan lingkungan alam ini. Jika kalian tahu, banyak sekali bencana yang ditimbulkan oleh reksi alam.

Seperti misalnya banjir di pemukiman, longsor, kabut asap, dan banyak lagi. Berbagai bencana itu tentu saja merugikan manusia itu sendiri.

Kerugian yang diakibatkan dari bencana alam bukan hanya kerugian secara harta saja. Namun, seringkali ada juga kerugian nyawa.

Tak sedikit nyawa melayang akibat bencana-bencana yang sejatinya karena ulah manusia juga yang kurang bersahabat dengan alam.

Oleh karena itu, apapun posisi Kita dan siapapun diri Kita, menjaga alam adalah keharusan.

Menjaga alam bukan semata untuk alam, namun juga untuk kebaikan Kita semua, bahkan kebaikan generasi yang akan datang di masa depan.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan (Ayam)

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan (Ayam)
Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan (Ayam)

Ayam adalah hewan kecil yang termasuk kategori unggas. Ayam banyak jenisnya dan menyatu di kehidupan manusia.

Meski kelihatannya biasa saja, ayam ini sesungguhnya hewan yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Ayam hidup bisa membantu manusia untuk bangun subuh. Kokoknya di waktu fajar membuat manusia bisa terbangun dan bergegas memulai hari dengan ibadah.

Ayam yang dipotong juga demikian. Setiap bagian ayam bisa diolah dan dimakan oleh manusia menjadi makanan yang lezat.

Tak terhitung betapa banyaknya olahan ayam yang ada dan tersebar dalam kehidupan. Belum lagi telornya yang juga bisa diolah ke dalam berbagai jenis olahan makanan. Selain harganya murah, rasanya juga enak.

Sebagai manusia, selayaknya memang kita tak menyepelekan hewan hewan ciptaan Tuhan. Sesungguhnya ada berbagai kebermanfaatan dibalik ciptaan-ciptaan-Nya.

5. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi (Belajar Mengatur Uang Sejak Dini)

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi (Belajar Mengatur Uang Sejak Dini)
Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi (Belajar Mengatur Uang Sejak Dini)

Tahukah kalian? Bahwa banyak orang dewasa yang hidupnya berantakan karena tak pandai mengatur uang. Mumpung Kalian masih muda, sebaiknya mulai belajar mengatur uang sejak dini.

Dalam diri manusia, manusia memiliki kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan sifatnya terbatas dan tidak menuntut dipenuhi dalam jumlah yang banyak. Berbeda dengan keinginan, keinginan manusia itu tak ada batasnya

Selama manusia memiliki uang atau sarana untuk memuaskan inginnya, manusia  pasti akan terdorong terus untuk memuaskannya.

Tentu jika ini tak biasa dikendalikan, setiap uang yang dimilikinya pasti akan cepat habis dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, sedari dini, Kita perlu membiasakan untuk mengelola uang dengan baik.

Tahan keinginan dan tentukan skala prioritas sekalipun Kita memiliki uang untuk membelinya. Jangan liar dalam memuaskan keinginan.

6. Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik (Bahaya Korupsi)

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik (Bahaya Korupsi)
Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik (Bahaya Korupsi)

Salah satu yang membuat politik dianggap kotor oleh banyak orang adalah karena banyaknya korupsi.

Para pejabat yang semestinya memegang amanah rakyat untuk mengelola negara dengan baik malah mengkhianati amanat dan menyalahgunakan kewenangannya.

Padahal, korupsi ini sangat berbahaya bagi negara. Dengan adanya korupsi, anggaran negara yang semestinya sampai untuk memperbaiki kehidupan masyarakat menjadi tak sampai.

Alih-alih untuk rakyat banyak, uang tersebut jadinya hanya sampai ke segelintir orang. Wajar jika rakyat sampai saat ini masih banyak yang miskin.

Tak terhitung berapa banyak kasus korupsi yang dilakukan oleh para politisi. Data-data yang nampak dan diangkat mungkin hanya sebagiannya saja.

Pasti yang belum ketahuan masih banyak lagi jika diungkap. Dengan segala bahaya yang ditimbulkannya, korupsi tentu harus ditolak.

Sebagai masyarakat, Kita bisa saling ingatkan bahayanya, apalagi jika Kita melihat langsung praktik tersebut di depan mata Kita sendiri.

7. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Internet (Bahaya Internet)

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Internet (Bahaya Internet)
Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Internet (Bahaya Internet)

Internet adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat belakangan ini. Dengan internet, data dan informasi bisa menyebar begitu cepat.

Namun dibalik kemudahan dan kebaikan yang ditimbulkannya, internet juga menyimpan bahaya jika disalahgunakan.

Banyak juga hal negatif yang berseliweran di internet. Misalnya tayangan-tayangan pornografi yang tak semestinya dikonsumsi publik.

Tayangan semacam ini membuat banyak orang kecanduan dan merusak otak para pecandunya. Internet juga menjadi sarana bagi sebagian orang berbuat jahat.

Ada yang berjualan online tapi menipu, ada yang mengajak berkenalan akhirnya melakukan pemerasan, dan sebagainya. Semuanya dilakukan dengan menggunakan internet sebagai sarananya.

Sebagai pengguna internet, maka sebaiknya Kita semua lebih bijak dan lebih waspada dalam menggunakan internet. Sehingga hal-hal yang Kita dapatkan adalah hal yang baik saja.

8. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sosial (Bahaya Pergaulan Bebas)

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sosial (Bahaya Pergaulan Bebas)
Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sosial (Bahaya Pergaulan Bebas)

Pergaulan bebas adalah salah satu masalah yang mengancam generasi muda. Baik dalam bentuk seks bebas, penggunaan NAPZA, dan sebagainya.

Semuanya bukan hanya berbahaya dalam jangka pendek, namun juga jangka panjang. Sebagaimana diketahui, bahwa generasi muda adalah generasi penerus bangsa.

Harapan akan masa depan suatu negara menggantung di pundak para generasi muda. Namun kini, banyak yang malah terjebak dengan pergaulan bebas.

Banyak remaja yang hamil di luar nikah lalu putus sekolah, ada juga yang jadi pecandu narkoba lalu harus mendekam di penjara sejak dini.

Alih-alih mereka mencetak banyak karya untuk kemajuan negeri, mereka terjebak pada hal-hal yang mestinya dijauhi. Sebagai generasi muda, tentunya kita perlu memahami bahaya dari pergaulan bebas ini.

Jangan sampai kita terjebak dan akhirnya harus merelakan masa depan kita, baik masa depan secara pribadi maupun masa depan negeri.

9.Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kebersihan (Pentingnya Menjaga Kebersihan)

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kebersihan (Pentingnya Menjaga Kebersihan)
Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kebersihan (Pentingnya Menjaga Kebersihan)

Kebersihan adalah hal yang membuat lingkungan tempat Kita hidup menjadi nyaman untuk ditinggali. Oleh karena itu, dimanapun Kita berada, sudah selayaknya Kita menjaga kebersihan.

Fakta menunjukan, bahwa sebagian dari Kita pasti tidak nyaman belajar jika disekitar Kita banyak sampah berserakan. Benar bukan? Ini menandakan bahwa kebersihan mendukung lancarnya pembelajaran.

Bagaimana mungkin ilmu bisa mudah masuk juga Kita tak nyaman ketika belajar. Oleh karena itu, agar ilmu bisa masuk dengan mudah, Kita juga perlu turut membantu menjaga kebersihan.

Dengan demikian, sampai sini, adakah yang masih meragukan bahwa menjaga kebersihan itu penting? Mestinya semuanya sadar, bahwa kebersihan itu penting dan harus dijaga.

Nah, demikianlah pembahasan tentang contoh teks eksposisi singkat yang bisa Kamu pelajari dan membantu untuk memahami hakikat dari teks eksposisi.

Apakah sampai sini Kamu sudah mengerti apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Jika sudah, Kamu tentunya bisa membuatnya sendiri.

Daftar Pustaka

  • Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Terbitan Kemendikbud 2017
  • saintif.com /contoh- teks-eksposisi -singkat/
  • www.matapendidikan. com/2020/08/ materi-teks- eksposisi-pengertian. html

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment