Cover Laporan Praktikum

Saat membicarakan soal laporan praktikum, pastinya cover merupakan salaha satu elemen yang paling penting diperhatikan.

Ya, halaman paling depan ini harus dibuat dengan benar dan sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis ilmiah. Menjadi bagian awal sebelum mengisi Laporan praktikum.

Bagi mahasiswa khususnya, akan sering membuat laporan hasil praktikum yang perlu diperhatikan adalah bagian covernya agar menarik dan cantik.

Tenang, ada banyak contoh yang bisa kamu ketahui bagaimana cara membuat cover yang baik dan benar. Di bawah ini ada tahapannya, mari simak!

Apa Itu Cover Laporan Praktikum ?

Cover Laporan Praktikum
Cover Laporan Praktikum

Cover merupakan bagian depan dari sebuah kemasan produk Laporan atau tugas yang menjadi identitas Laporan dari kegiatan siswa saat melakukan pengamatan atau uji coba.

Bagian penting ini harus memuat informasi utama yang berkaitan dengan identitas, baik judul, nama penulis, institusi, dan lainnya.

Dengan begitu, cover ini memungkinkan pembaca untuk mengidentifikasi karya tulis secara sekilas, sekaligus membuat makalah penulis jadi terlihat rapi dan profesional.

Pada dasarnya cara membuat cover makalah sangatlah mudah, selama kamu mengerti susunan dan format cover laporan yang benar.

Namun,banyak pelajar yang melakukan kesalahan dalam penulisan cover karena tidak memperhatikan format cover yang benar. Meskipun susunan sudah benar.

Tapi ada cover yang dibuat tidak memenuhi standart penulisan yang formal. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang membuat cover dengan bingkai.

Kadang, gambar logo diganti dengan gambar yang tidak semestinya, ukuran tulisan tidak memenuhi standart dan banyak kesalahan lainnya yang sering dijumpai oleh para guru atau dosen.

Tapi dari sekolah tidak terbiasa menggunakan standart penulisan formal, akan dikhawatirkan setelah kerja akan terbiasa membuat cover-cover kerja dengan format penulisan yang tidak benar.

Maka dari itu, sangat penting sekali mempelajari format penulisan yang formal sejak dini khususnya dalam pembuatan cover ini.

Bingung ? Inilah Tata Cara Membuat dan Menyusun Cover yang Benar

Saat membuat cover sebenarnya tidak harus menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop, karena cara pembuatannya juga mudah loh.

Kenapa bisa dibilang mudah? Ya, kamu hanya memang perlu mengikuti format contoh cover makalah di institusimu atau dari internet yang begitu banyak.

Namun,  apa saja yang harus ada di cover makalah? Agar terlihat menarik dan cantik. Inilah beberapa susunan yang harus ada didalam cover yaitu:

Judul Laporan

Unsur utama yang harus ada di cover laporan adalah judul, karena akan ada dipaling atas dan menjadi sesuatu yang paling penting.

Karena, adanya judul tersebut membuat pembaca tau garis besar dari isi laporan tersebut dan agar pembaca tertarik membaca laporannya.

Judul juga harus dituliskan di bagian tengah dari sampul dan dicetak tebal, sesuai dengan ketentuan format yang biasa digunakan di Indonesia.

Nah, sebaiknya hindari pembuatan judul yang panjang ya. Berikan judul pendek. Judul juga harus dibuat dengan susunan kata yang menari, jelas, dan mencakup isi laporan tersebut.

font penulisan huruf dalam judul memang tidak boleh sembarangan dan kamu bisa menggunakan jenis Calibri, Arial, ataupun Times New Roman.

Tak hanya itu, ada yang perlu diingat untuk standar penulisan Bahasa Indonesia pada judul memuat huruf yang semuanya dibuat kapital ya.

Tujuan Penulisan

Untuk tujuan penulisan ini sebenarnya tak melulu dicantumkan dalam penulisan cover laporan di Indonesia. Jadi bagian ini kondusif saja.

Tujuan penulisan ini umumnya berisi alasan atau latar belakang mengapa makalah atau proposal tersebut menjadi penting untuk ditulis.

Dengan fungsi memberikan penjelasan dibuatnya laporan tersebut. Contohnya “laporan ini dibuat untuk menyelesaikan tugas Linguistik Umum”.

Penulisan bagian tujuan penulisan laporan juga menggunakan ukuran huruf lebih kecil dibandingkan judul laporan. Nah, ukuran tujuan penulisan itu 12 pt.

Logo Instansi atau Nama Lembaga

Penempatkan logo pada cover laporan juga harus berada di bagian tengah sampul dengan ukuran logo umumnya sebesar 5×5 cm, untuk kertas berukuran A4.

Logo akan menjadi identitas yang tidak kalah penting dan jangan lupa di masukan kedalam halaman cover ya.

Adanya logo, akan memiliki peranan penting sebagai tanda identitas instansi atau lembaga laporan tersebut dibuat.

Contohnya, jika kamu membuat laporan dalam rangka tugas sekolah, logo pada sampul dilaporan tersebut harus menggunakan logo gambar sekolah si penulis.

Nama Penulis

Jangan lupa juga masukan nama kamu dalam cover laporan praktikum tersebut, karena nama penulis atau tim penyusun perlu dicantumkan untuk identitas pembuat laporan.

Nah, jika laporan tersebut dibuat oleh satu orang cukup ditulis satu nama serta identitasnya ya. Tapi jika dibuat oleh tim atau kelompok, tulis semua anggotanya tapi sesuai abjad atau urutan NIM.

Nama Instansi

Bagian nama instansi bisa berupa nama jurusan, program studi, atau nama fakultas di instansi kamu. Penulisanya bisa diletakkan di bagian bawah dari kertas.

Namun, setelah dicantumkannya nama-nama para penulis makalah. Pada Format penulisannya adalah menggunakan huruf kapital di keseluruhan kata yang dituliskan.

Beda lagi jika penulis masih berstatus sebagai pelajar SMA atau SMP, bagian ini bisa dituliskan dengan nama sekolah menengah tempat penulis belajar.

Di bawah keterangan nama instansi biasanya juga ditambahkan mengenai kota tempat instansi tersebut berasal.

Tempat dan Tahun

Terkahir ini bagian tempat dan tahun yang harus ada dibagian cover yang menjadi hal tak kalah penting. Tujuannya untuk memberikan informasi kapan dan dimana laporan itu dibuat.

Dengan begitu, kamu bisa menuliskan tahun penulisan laporan yang ditempatkan di bagian paling bawah dari kertas halaman sampul tersebut.

Dimulai dengan menulis tanggal, bulan, dan tahun secara lengkap. Nah, untuk penulisan tempat hanya cukup menulis Kota pembuatannya saja.

Akhir Kata!

Demikian pembahasan tentang cover laporan praktikum yang baik dan benar, semoga saja artikel mengenali cara membuat cover ini dapat membuka wawasan kita semua.

Terima kasih telah berkunjung dan harap shere artikel ini di akun social mediamu agar teman-teman lain mengetahui cara membuat cover yang baik dan benar.

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment