Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang  berfungsi sebagai jembatan antara Anda dan calon tempat Anda bekerja. Oleh karena itu, riwayat hidup atau CV tidak boleh Anda remehkan.

Jadi, untuk membuat kesan pertama tentang personal branding Anda, maka buatlah CV yang menonjol terlebih dahulu.

Mengapa CV harus menonjol? Sebab perusahaan tidak memiliki banyak waktu untuk mewawancarai setiap kandidat yang mengirim lamaran kerja.

Perusahaan memerlukan CV dari kandidat untuk memilih, mana orang yang terbaik untuk bisa bekerja di perusahaannya. Sekarang untuk mendapatkan CV sangat mudah, tinggal download saja!

Format Daftar Riwayat Hidup

Membuat sebuah daftar riwayat hidup CV untuk bekerja di sebuah lembaga negeri sendiri berbeda dengan lembaga swasta.

Untuk memudahkan Anda membuat CV sesuai dengan lembaga kerja yang dituju, berikut adalah dua format yang bisa Anda cermati untuk dituangkan ketika membuat CV Anda ke depannya:

1. Format Daftar CV untuk Lembaga Negeri

Bagi Anda yang ingin mendaftar Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun lembaga di bawah naungan pemerintah, maka format CV-nya adalah sebagai berikut:

A. Keterangan Perorangan

Format pertama yang dibutuhkan oleh daftar CV PNS adalah, Anda perlu melampirkan keterangan tentang profil diri  dengan menyebutkan siapa nama lengkap Anda.

Tuliskan  berapa detail Nomor Identitas Pegawai (NIP), golongan dan pangkat, kemudian tempat tanggal lahir beserta tanggalnya, kemudian apa jenis kelamin Anda, agama, dan sebutkan status perkawinan.

Setelah format profil diri, maka selanjutnya Anda bisa menuliskan tentang detail domisili Anda mulai dari nama jalan, RT/RW, hingga provinsi. Semuanya harus Anda tulis dengan mendetail pada keterangan tempat tinggal.

Selanjutnya adalah keterangan mengenai fisik. Anda perlu menuliskan berapa tinggi badan, berat badan, warna rambut, bagaimana bentuk muka, apa warna kulit, ciri khas fisik Anda, dan tuliskan cacat tubuh yang Anda miliki (jika ada). Terakhir, tuliskan apa minat atau hobi Anda.

B. Keterangan Pendidikan

Format kedua, Anda harus menuliskan detail latar belakan pendidikan yang Anda miliki mulai dari tingkat SD hingga pendidikan terakhir.

Sebutkan nama lembaga pendidikan Anda, nomor STTB, tempat   Anda menempuh pendidikan, dan nama kepala sekolah hingga dekan fakultas Anda.

Apabila Anda juga memiliki pendidikan non formal atau mengikuti kursus, Anda juga bisa melampirkannya. 

Tuliskan nama kursus Anda, berapa lama masa tempuh kursus Anda dari tanggal memulai hingga lulus, nomor ijazah atau surat keterangan lulus, tempat menempuh kursus dan keterangan.

C. Riwayat Pekerjaan

Format selanjutnya adalah diisi dengan riwayat pekerjaan Anda berdasarkan pangkat atau golongan Anda.

Pengalaman jabatan selama bekerja menjadi PNS disertai dengan keterangan surat keputusan dan tanda jasa atau penghargaan yang pernah didapatkan.

Apabila selama bekerja Anda pernah mendapatkan pengalaman kunjungan ke luar negeri, maka Anda bisa menuliskan detail negara yang dituju, tujuan kunjungan, berapa lama melakukan kunjungan kerja, dan siapa yang membiayai perjalanan Anda.

D. Keterangan Keluarga

Format selanjutnya adalah detail keterangan keluarga ,mulai dari istri/suami, anak, bapak dan ibu, hingga saudara kandung.

Jika sudah menikah, maka Anda juga diminta untuk menuliskan informasi detail mengenai ayah dan ibu mertua.

E. Keterangan Organisasi

Adapun format yang terakhir adalah pengalaman organisasi yang diikuti semasa menempuh pendidikan di SD-SMA, masa perkuliahan hingga selama selama menjadi pegawai.

2. Format Daftar CV untuk Lembaga Swasta

Untuk lembaga swasta, format daftar CV yang bisa Anda gunakan adalah:

A. Informasi Pribadi

Format pertama yang dibutuhkan ketika membuat daftar CV untuk lembaga swasta adalah memasukkan informasi pribadi, mulai dari nama lengkap, di mana tempat lahir Anda beserta tanggalnya, alamat email, sosial media, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

B. Opening statement

Maksud dari Opening statement adalah ringkasan tentang siapa Anda, di mana Anda pernah belajar atau bekerja, dan apa skill yang Anda miliki.

Bagian Opening statement harus dimulai dengan satu kalimat tentang siapa Anda dan apa yang Anda bawa ke pekerjaan sebelumnya.

Selain itu, jelaskan keterampilan apa Anda miliki dan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini.

C. Skill

Daftar CV yang menarik setidaknya harus menyertakan 10 hingga 15 keterampilan yang menghubungkan pengalaman Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini.

Baik itu softskill maupun hardskill, Anda bisa melampirkannya ke dalam daftar CV Anda.

D. Latar Belakang Pendidikan

Anda tidak harus menuliskan riwayat pendidikan dengan amat rinci. Anda hanya perlu menunjukkan tingkat pendidikan tertinggi dan berapa nilai IPK Anda.

E. Pengalaman Kerja

Terakhir, yang selalu dibutuhkan perusahaan swasta dari daftar CV pelamar adalah pengalaman pekerjaan Anda yang benar.

Anda bisa mulai menuliskan pengalaman pekerjaan terakhir Anda dan beserta posisi dan tanggal Anda bekerja.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh daftar riwayat hidup yang biasa digunakan untuk PNS adalah:

1Nama lengkap 
2Nomor Induk Pekerja 
3Golongan dan Pangkat 
4Tempat Tanggal Lahir 
5Jenis KelaminPria / Wanita  *)
6Agama 
7Status PerkawinanKawin / Belum Kawin / Duda / Janda*)
8Alamat rumaha. Jalan/No Rumah
b. Desa/Kelurahan
c. Kecamatan
d. Kabupaten/Kota
e. Provinsi
Masih panjang tabelnya

Sebenarnya tabel di atas hanya secuil, jika saya buat tabel di sini maka akan berantakan, ada baiknya anda download aja langsung di link dibawah ini.

Bagi Anda yang ingin mengunduh contoh CV dengan format yang lengkap, Anda bisa download versi doc atau dokumennya di sini https://academia.co.id/Download_Daftar_Riwayat_Hidup.docx

Template Daftar Riwayat Hidup Menarik

Sebenarnya apa sih yang membedakan daftar riwayat hidup untuk lembaga negeri dan swasta? Berikut adalah perbedaan utamanya:

  1. Daftar riwayat hidup PNS lebih formal, sementara yang swasta lebih menggunakan bahasa yang santai namun tetap baku.
  2. Daftar CV untuk lembaga negeri juga lebih panjang dan mendetail, sementara untuk swasta lebih ringkas dan padat.
  3. Perbedaan terakhir, daftar CV untuk lembaga negeri lebih monoton, sementara untuk swasta lebih menonjolkan visualisasi desainnya karena digunakan untuk melamar kerja.

Anda yang membutuhkan daftar CV yang anti mainstream dan unik, di bawah ini ada, template daftar riwayat hidup yang bisa Anda unduh di link dibawah.

Unduh dan Edit Daftar Riwayat Hidup Gratis

Silahkan download template berikut ini, gratis kok. Resume di bawah ini dibuat di canva, dan kalian bisa edit di canva.

Untuk tutorial membuat daftar riwayat hidup di canva kalian bisa lihat tutorialnya disini atau klik link aktif yang ada pada bawah gambar.

1. Desain Profesional

Profesional CV
Edit / Unduh

2. Modern

3. CV Perusahaan

CV untuk Perusahaan

4. Desain Kreatif

5. Untuk yang suka warna

CV Warna Warni
Edit / Unduh

6. Perpaduan Kreatif dan Minimalis

CV kreatif + Minimalis
Edit / Unduh

Daftar Pustaka

  1. www.mahkamahagung.go.id
  2. www.google.com
  3. https://rencanamu.id/post/panduan-persiapan-karier/panduan-persiapan-karier/panduan-lengkap-membuat-curriculum-vitae-cv-untuk-segala-kebutuhan

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment