Kekayaan Alam Indonesia dan Pemanfaatannya

Tuhan menciptakan bumi dengan berbagai keindahan dan juga hal-hal yang menakjubkan bagi manusia. Kekayaan alam Indonesia adalah salah satu keajaiban bagi manusia untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Seluruh permukaan di bumi pasti memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda, hal ini sangatlah wajar karena tidak semua permukaan bumi memiliki kandungan sama.

Ada wilayah yang memiliki tekstur bebatuan, ada juga yang merupakan hamparan es saja, kemudian ada yang berupa hamparan tanaman hijau.

Sebelum kita membahas tentang kekayaan alam yang ada di negara Indonesia maka alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu kekayaan alam.

Pengertian kekayaan alam Indonesia

Pengertian kekayaan alam Indonesia
Pengertian kekayaan alam Indonesia

Kekayaan alam atau bisa juga disebut sebagai sumber daya alam adalah semua hal yang berasal dari alam yang kemudian bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Sumber daya alam melimpah tidak hanya bisa dilihat misal dari kandungan minyaknya yang banyak, atau tumbuhannya banyak jenisnya, atau tanahnya yang subur.

Kekayaan alam terbagi menjadi dua berdasarkan tempatnya, yakni yang ada didarat dan dilaut. Pengertian tempat kekayaan alam itu disebut sebagai ekosistem.

Sedangkan berdasarkan jenisnya kekayaan alam terbaik menjadi 2 juga, yakni sumber daya alam dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

1. Kekayaan alam dapat diperbaharui

Kekayaan alam dapat diperbaharui
Kekayaan alam dapat diperbaharui

Sumber daya alam ini adalah sesuatu yang berasal dari alam dan tidak akan pernah habis jika dimanfaatkan oleh manusia karena mereka bisa diperbaharui.

Sumber daya jenis ini adalah seperti jenis-jenis tanaman (kayu jati, karet, kopi, tembakau dan lain-lainnya), Hewan (seperti, ikan laut, kambing, sapi dan juga ayam).

2. Kekayaan alam tidak dapat diperbaharui

Kekayaan alam tidak dapat diperbaharui
Kekayaan alam tidak dapat diperbaharui

Pada jenis kekayaan alam yang tidak bisa diperbaharui ini adalah jenis sumber daya alam yang membutuhkan waktu ratusan bahkan hingga ribuan tahun untuk proses terbentuknya.

Contoh dari kekayaan alam ini adalah batu bara, minyak bumi.

Sumber daya alam berdasarkan sifatnya

Masing-masing sumber daya alam memiliki sifatnya tersendiri, misalkan minyak bumi tentu memiliki sifat yang berbeda dari tanaman seperti jati. Untuk itulah sumber daya alam Indonesia dibagi menjadi 2 berdasarkan sifatnya.

1. Sumber daya alam organik

Sumber daya alam organik
Sumber daya alam organik

Untuk sumber daya alam pada jenis ini adalah sumber daya yang berasal dari makhluk hidup dalam suatu daerah.

Di Indonesia sendiri melimpah akan sumber daya alam jenis ini, yakni dari hasil tanaman pertanian, hewan ternak, serta perkebunan.

2. Sumber daya alam non-organik

Sumber daya alam non-organik
Sumber daya alam non-organik

Selanjutnya, sumber daya yang memiliki sifat ini adalah sumber daya alam yang berasal dari pelapukan makhluk hidup, artinya makhluk tersebut harus mati terlebih dahulu sebelum menjadi sumber daya alam yang bisa berguna untuk manusia.

SDA ini seperti, batu bara, minyak bumi. Jenis ini juga sering disebut sebagai sumber daya abiotik.

Sumber daya alam berdasarkan kegunaannya

Jenis sumber daya alam berdasarkan kegunaannya dibagi menjadi 2 macam, yang pertama adalah bahan baku dan sebagai sumber energi. Kedua-duanya sama penting, untuk lebih jelasnya bacalah tulisan kami berikut.

1. Sumber daya alam untuk bahan baku

Sumber daya alam untuk bahan baku
Sumber daya alam untuk bahan baku

Jika berbicara sumber daya alam untuk bahan baku, maka Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam tersebut.

Kekayaan alam tersebut adalah berasal dari tanaman baik perkebunan atau pertanian, juga bisa berasal dari peternakan.

Seperti :

  1. Kayu jati, ini berguna untuk membangun rumah, atau perabotan dalam rumah tangga.
  2. Padi, berguna untuk bahan makanan pokok masyarakat Indonesia.
  3. Kopi, dan jenis lainnya.

2. Sumber daya alam untuk energi

Sumber daya alam untuk energi
Sumber daya alam untuk energi

Pada dasarnya, sumber daya alam jenis ini memiliki fungsi untuk menghasilkan energi sebagai hal yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Contoh dari sumber daya alam jenis ini adalah air, air bisa menghasilkan listrik sehingga bisa menerangi masyarakat ketika malam tiba. Dan juga minyak bumi, sebagai bahan bakar kendaraan masyarakat modern.

Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonominya

Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonominya
Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonominya

Perbedaan sumber daya alam juga bisa kita bedakan berdasarkan nilai ekonomi yang dihasilkannya, sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomisnya terbagi menjadi 3 hal.

  1. Sumber daya non ekonomis, sumber daya jenis ini adalah air sebagai alat untuk pembangkit tenaga listrik.
  2. Selanjutnya sumber daya memiliki nilai ekonomi rendah. SDA jenis ini adalah kekayaan alam yang memiliki nilai rendah dalam segi ekonomi, pada jenis ini sumber daya alamnya adalah seperti hasil-hasil pertanian seperti sayur, dan juga hasil peternakan seperti daging sapi.
  3. Ada juga sumber daya alam memiliki nilai ekonomi tinggi. Pada jenis SDA dengan nilai ekonomi tinggi biasanya adalah sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, seperti minyak bumi, emas dan juga batu bara.

Kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah

Tuhan telah menciptakan bumi Indonesia sebagai bagian dari sebagian kecil wilayah bumi dengan kekayaan alam melimpah. Indonesia yang begitu subur dengan kekayaan alam melimpah rasanya tidak mungkin jika masyarakatnya hidup dalam kemiskinan.

Letak geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudra dan dua benua menghasilkan beberapa keberuntungan. Selain strategis wilayahnya untuk berdagang, Indonesia juga memiliki berbagai kekayaan alam yang melimpah.

1. Tanah yang subur

Tanah yang subur
Tanah yang subur

Indonesia adalah salah satu negara dengan banyaknya gunung api aktif di dalamnya, karena adanya gunung api inilah maka hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia diberkahi dengan tanah subur.

Seperti ibarat jika kita menancapkan satu batang tanaman maka batang tersebut akan tumbuh besar. Ini terjadi karena suburnya tanah Indonesia, sehingga hasil pertanian Indonesia melimpah.

2. Tambang emas terbesar

Tambang emas terbesar
Tambang emas terbesar

Kekayaan emas Indonesia sungguh melimpah, bahkan kita memiliki tambang emas terbesar di provinsi Papua.

Emas yang merupakan batu mulia dengan harga cukup tinggi, ternyata merupakan salah satu sumber daya melimpah di negara Indonesia.

3. Batu bara

Batu bara
Batu bara

Jika kita berbicara tentang sumber daya alam melimpah, maka tidak bisa kiranya tidak memasukkan batu bara sebagai bagian dari sumber daya alam melimpah yang dihasilkan oleh Indonesia.

Batu bara yang merupakan salah satu sumber daya tidak dapat diperbaharui sehingga nilainya sangat tinggi. Batu bara merupakan salah satu energi yang begitu bermanfaat untuk manusia, salah satunya adalah untuk kebutuhan pembangkit listrik.

4. Gas alam dan minyak bumi melimpah

Gas alam dan minyak bumi melimpah
Gas alam dan minyak bumi melimpah

Kesuburan tanah, dan melimpahnya emas serta batu bara bukanlah puncak dari kekayaan alam Indonesia. Indonesia masih memiliki kekayaan alam yang tidak bisa diperbaharui dengan cadangan yang melimpah.

Yakni cadangan gas alam, selain gas alam beberapa wilayah Indonesia juga menghasilkan minyak bumi, seperti di Natuna, dan Cepu.

Gas alam dan juga minyak bumi sekarang merupakan kebutuhan primer selain bahan pangan seperti padi. Minyak alam dan gas alam di Indonesia diprediksi masih bertahan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

5. Hutan yang luas

Hutan yang luas
Hutan yang luas

Kekayaan alam yang ada di Indonesia selanjutnya adalah menentangnya hutan pada seluruh wilayah Indonesia.

Hutan sebagai salah satu unsur utama untuk penghasil oksigen, yang merupakan udara yang dibutuhkan manusia untuk hidup.

Hutan Indonesia merupakan salah satu paru-paru dunia, karena memasuk sebagian besar oksigen pada bumi. Tapi sayang, akhir-akhir ini mulai ada penambangan hutan liar, sehingga hutan Indonesia terus berkurang.

Pemerintah perlu memperhatikan ini agar hutan Indonesia tetap aman dan lebat sebagai salah satu penopang kehidupan di bumi.

6. Kekayaan laut

Kekayaan laut
Kekayaan laut

Jika di darat kita bisa menyaksikan berbagai kekayaan alam yang melimpah, maka di wilayah laut Indonesia, jangan ditanya lagi. Karena sudah pasti melimpah.

Bukan hanya indah lautnya, terumbu karang yang ada di laut Indonesia juga begitu indah, serta hewan-hewan laut juga masih banyak.

Ekosistem laut Indonesia harus dijaga dengan ketat, agar tangan-tangan nakal tidak menggerogoti kekayaan alam Indonesia.

7. Fauna langka

Fauna langka
Fauna langka

Kekayaan alam Indonesia bukan hanya benda-benda atau tanaman saja, melainkan kekayaan fauna Indonesia. Sebagai negara tropis maka Indonesia juga terkenal karena banyaknya fauna yang ada didalamnya.

Tidak hanya fauna yang masih banyak habitatnya, fauna langka juga ada di Indonesia, seperti komodo, atau harimau sumatera.

Kekayaan fauna ini harus kita jaga bersama, sehingga generasi mendatang mengetahui jika Indonesia adalah negara yang kaya baik dari kekayaan alam flora maupun fauna.

Kegunaan kekayaan alam Indonesia

Sumber daya melimpah Indonesia, lalu apa fungsi atau kegunaannya bagi masyarakat dan pemerintah Indonesia. Semua negara tentu ingin memiliki kekayaan alam yang melimpah, tapi tidak semua wilayah memiliki kekayaan alam.

Indonesia adalah sebagian kecil dari negara dengan kekayaan alam melimpah, tidak hanya dalam satu jenis, tapi memiliki sumber daya alam melimpah dengan hampir semua jenisnya.

Mulai dari emas, batu bara, cadangan minyak bumi melimpah, tanaman yang banyak jenisnya, memiliki salah satu tanaman kayu terbaik.  Serta memiliki laut indah beserta hewan-hewannya yang langka.

Menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara terbesar, dan menjadi paru-paru dunia hingga sekarang. Tapi apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari kekayaan yang melimpah tadi.

1. Penghasil uang

Penghasil uang
Penghasil uang

Kekayaan alam Indonesia memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, maka dari itulah bisa menghasilkan uang yang besar sebagai salah satu dari pemasukan uang negara.

Melalui ekspor kekayaan alam, seperti batubara, minyak bumi, hasil pertanian, perkebunan dan juga hasil olahan kayu jati maka kekayaan Indonesia terus bertambah dari segi ekonomisnya.

2. Menciptakan lapangan kerja

Menciptakan lapangan kerja
Menciptakan lapangan kerja

Banyaknya tambang dan juga wilayah perkebunan dan pertanian, tentu membuka lapangan pekerjaan yang banyak sekali.

Jadi jika kamu tidak memiliki lahan sebagai petani atau tidak mampu untuk menambang, maka jangan khawatir karena semua orang yang memiliki lahan tentu butuh pekerja.

Dengan adanya hal seperti itu, maka angka pengangguran yang ada di Indonesia bisa turun, dan tingkat kesejahteraan masyarakat akan kembali terangkat.

3. Hemat belanja negara

Hemat belanja negara
Hemat belanja negara

Sebagai negara yang merdeka tentu Indonesia harus mampu memberikan makanan yang cukup pada penduduknya. Tapi sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam Indonesia tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

Misal kebutuhan pangan beras, pemerintah tidak perlu mengimpor terlalu banyak padi dari luar negeri, karena hasil padi kita juga melimpah.

Termasuk dalam hal pembangkit listrik, jika ingin pembangkit dengan bahan batu bara maka tidak perlu impor, karena batu bara sudah melimpah di Indonesia. Termasuk juga dalam hal minyak bumi untuk bahan bakar kendaraan.

Kekayaan alam Indonesia memang begitu luar biasa, tidak akan habis dimakan oleh penduduknya hingga, mungkin ketika kiamat telah tiba.

Tapi yang perlu kita lakukan adalah menjaganya agar tidak dimanfaatkan oleh tangan-tangan nakal untuk kepentingannya sendiri.

Daftar Pustaka

  • portaljember. pikiran-rakyat. com/ nasional/pr- 16671270/ tidak- hanya-tambang- emas -dan-gas-alam -berikut -8-kekayaan -alam- indonesia-yang- mendunia? page=5
  • ilmugeografi.com/ biogeografi /pengertian- kekayaan- alam
  • kids.grid.id/ read/ 472236791/ memiliki-sumber- daya- alam- yang-melimpah- inilah- sumber- kekayaan-alam- indonesia- sudah-tahu
  • www.kompasiana.com/ sitimaemunah /5bc9 e4c6 6ddcae 2a0c5 ad832/ kekayaan- alam- indonesia ?page=all

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment