Mengenal Paragraf Deduktif

  • Whatsapp
Mengenal Paragraf Deduktif
Mengenal Paragraf Deduktif

Apa itu Paragraf?

Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atau tema pembicaraan.

Terdiri dari berapakah Paragraf itu?

Paragraf berdasarkan letak dari pikiran utamanya, Terdiri atas 3 jenis, yakni;
1. Paragraf deduktif
2. Paragraf induktif
3. Paragraf campuran (deduktif-induktif)

Apa itu Paragraf Deduktif?

Paragraf deduktif ditandai dengan terdapatnya kalimat utama berada di awal paragraph.

Apa itu paragraf deduktif? Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang telah di kembangkan menggunakan pola deduksi. Pola deduksi sendiri adalah sebuah pola yang memaparkan hal yang lebih umum kemudian setelah di jabarkan barulah di hal – hal yang khusus.

Artinya bahwa paragraf ini telah menggunakan gagasan utama pada awal kalimat. Ciri-ciri Kalimat atau paragraf deduktif:

  • Di awal paragraf adalah sebuah kalimat utama
  • Pernyataan umum sebagai penyusun kemudian di susul dengan beberapa penjelasan.

5 Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf deduktif pertama

Smartphone memiliki kegunaan yang sangat penting bagi kehdiupan mansuia. Hal ini karena perangkat ini sebagai salah satu alat komunikasi yang sangat membantu banyak orang. selain itu alat komusikasi ini dapat membuat orang lain berkomunikasi dengan jarak jauh. Tentunya dengan waktu yang sangat cepat sehingga sangatlah efektif untuk di gunakan. Selain itu alat ini juga bisa di katakan sebagai alat yang serba guna. Hal ini tak lepas dari fitu – fitur yang tersedia yang akan membantu anda dalam mengerjakan banyak hal. Fitur tersebtu seperti google map, kalkulator, galeri dan lainnya. seperti halnya jika anda tersesat di jalan maka anda bisa menggunakan google map.

Contoh Paragraf deduktif pertama

Macet memang sudah hal yang sangat biasa terjadi di kota besar wilayah indonesia. Hal ini karena memiliki beberapa faktor diantaranya dengan tingkatnya mobilitas para penduduk. Belum lagi target para  penjualan kendaraan yang semakin hari semakin naik. Permintaan kendaraanpun ikut naik. Kurangnya kesadaran banyak pihak menjadi salah satu hal yang memicu terjadinya macet di berbagai kota. Kedisiplinanpun menjadi faktor utama, karena para aparat kurang tegas terhadap beberapa pengguna kendaraan sehingga hal ini memicu terjadinya macet. Para pengendarapun semakin ugal – ugalan dalam menjalankan kendaraannya, karena kurangnya kesadaran diri dari para pengendara. Belum lagi harga kendaraan pada masa sekarang ini semakin turun.

Contoh Paragraf deduktif pertama

Internet memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Dengan menggunakan internet maka kita bisa mengakses dunia. Berbagai informasi dari penjuru dunia kita dapat mengetahuinya dengan mengunakan internet. Bukan hanya itu saja, internet sudah memiliki kemajuan hingga dapat sebagai salah satu media komunikasi yang sering di  gunakan oleh banyak orang. banyak hal yang dapat di ambil posititfnya dengan menggunakan internet. Sehingga internet memiliki banyak hal yang membantu masyarakat. Kemudahan dalam ilmu pengetahuan menggunakan internetpun sudah hal yang biasa. Hal ini menjadikan internet salah satu media yang sangat membantu berbagai pelajar untuk belajar dari internet.

Contoh Paragraf deduktif pertama

Ibu adalah seseorang yang sangat besar perannya di dalam keluarga. Semua orang tentu dengan hal tersebut. hal ini karena seorang ibu mampu mengurus anaknya dari kecil hingga dewasa. Bahkan ada pepatah bilang bahwa seornag ibu bisa mengurus anaknya yang banyak, namun seorang seorang anak belum tentu bisa mengurus ibunya meskipun hana satu orang ibu. Hal ini menyatakan bahwa peran ibu sangatlah tinggi di dalam keluarga. Bahkan peran ibu tidakdapat tergantikan ole siapapun. Tentunya hal tersebut semakin membuat kita sayang kepada ibu kita. Ibu selalu berkorban untuk anaknya dari tenaga hingga waktu hanya untuk anak – anaknya. Sudah semestinya kita sadar agar kitatidak pernah membantah ibu kita dan menghargainya lebih tinggi.

Contoh Paragraf deduktif pertama

Disiplin sudah menjadi masalah yang paling seriing terjadi di sekolah kami belakangan ini. hal ini karena banyak seorang siswa yang tidak dapat mematuhi peraturan dari sekolah untuk datang lebih sesauai waktu yang ditentunkan. Hal ini akibatnya adalah banyak siswa yang tertinggal pelajarannya. Apalagi sebentar lagi adalah ujian sekolah, inilah yang menjadikan dampak buruk bagi beberapa siswa. Hal ini harus di atasi oleh sekolah mengenai tata tertib sekolah. Peran orang tuapun harus di lakukan agar anaknya tidak terlambat berangkat ke sekolah , sehingga tidak terlambat dalam pelajaran. Untuk mengenai sanksi juga harus di tegaskan lebih agar siswa menjadi jera terhadap perbuatannya.

Contoh Paragraf deduktif pertama

Kelalaian dalam bekerja adalah sebuah hal yang sering terjadi dalam perusahan. Bahkan sudah tercatat sepanjang tahun 2016, 15 orang telah meninggal. Hal ini di karenakan tak lebih karena sebuah kecelakaan yang terjadi di perusahaan. Beberapa korban bahkan meninggal. Insiden ini tak lepa dari kurangnya perhatian perusahaan terhadap peralatan mesin yang di gunakan dalam produksi perusahaan. Inilah yang menyebabkan para pegawai harus lebih hati – hati dalam bekerja. Selain itu para pimpinan perusahaan juga harus memperhatikan mengenai masa mesin yang di gunakan dalam perusahaan. Tata tertib di perusahaan juga perlu di lakukan demi keselamatan pegawai dan nama baik perusahaan.

Kesimpulan

Dari 6 contoh diatas, paragraf deduktif terletak di awal kalimat. jadi sangat mudah mencarinya. Nah itulah beberapa contoh paragraf yang perlu anda ketahui dan anda pelajari semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *