Mengenal Paragraf Eksposisi

  • Whatsapp
Mengenal Paragraf Eksposisi Beserta Contohnya
Mengenal Paragraf Eksposisi

Apa Itu Paragarf?

Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atau tema pembicaraan.

Apa itu paragraf eksposisi?

Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang berisi kandungan beberapa jumlah informasi.

Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang berisi kandungan beberapa jumlah informasi. Di dalam paragraf ini memiliki tujuan untuk memaparkan pengertian sebuah materi atau objek dengan cara penulisan yang cukup singkat padat serta akurat.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki beberapa ciri – ciri yang sangat mencolok. Di antaranya :

  1. Paragraf ini memiliki gaya penulisan yang mengajak dan tidak terlalu mempengaruhi
  2. Penggunaan bahasa yang baku serta jelas dan lugas adalah cara penyampaian karangan eksposisi
  3. Penjabaran bersifat informasi
  4. Karangan ini tidak memihak atau memaksa kehendak para pembacanya
  5. Karangan ini bersifat objektif tetapi netral
  6. Penjelasan yang di dalamnya di beri darta – data akurat
  7. Karangan di sajikan untuk mengungkap fakta yang akan di gunakan untuk konkritasi dan sebagai kontribusi

Struktur Teks Eksposisi

Adapun beberapa struktur teks eksposisi adalah sebagai berikut :

a. Tesis atau Pernyataan Pendapat

tesis tidaklah asing di kalangan mahasiswa, hal ini karena biasanya tesis sebagai salah satu ujian akhir yang di alami mahasiswa pascasarjana.

Tesis ini adalah sebuah bagian yang berisi suatu sudut pandang dari penulisnya terhadap berbagai masalah yang nantinya di bahas. Tesis ini memiliki bentuk seperti pertanyaan yang dapat di perkuat dengan agrumen atau pendapat. 

Perlu anda ketahui bahwa di bagian ini sangat penting karena tujuannya untuk menyusun teks eksposisi yang biasanya muncul di awal paragraf. Meskipun demikian adapula yang menempatkannya di bagian akhir paragraf.

b. Argumentasi

agrumen atau pendapat adalah sebuah bentuk alasan yang biasanya di jadikan sebuah bukti bisa di gunakan sebagai penguat sebuah pendapat di dalam tesis.

Namun, di kehidupan nyata biasanya agrumen di gunakan sebagai penyanggah atau menolak sebuah pernyataan seseorang. Sebenarnya agrumen ini dapat berwujud pernyataan umum dan juga sebuah data dari penelitian yang di lakukan oleh para ahli dan akurasinya terjamin.

c. Penegasan ulang pendapat

penegasan ulang pendapat adalah suatu kesimpulan yang dapat ditegaskan lagi oleh tesis yang sudah di paparkan di waka paragraf dan agrumentasi.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Beberapa jenis teks eksposisi di antaranya adalah :

  • Teks Eksposisi Definisi adalah sebuah paragraf  jenis ini yang menjelaskan pengertian atau penjelasan pada topik tertentu
  • Teks Eksposisi proses adalah sebuah rangkaian tahapan atau cara agar di lakukannya sebuah peristiwa dari awal sampai akhir
  • Teks Eksposisi ilustrasi adalah paragraf  yang memaparkan sebuah informasi atau penjelasan tertentu. Hal ini di lakukan dengan cara menyguhkan garmbaran atau penjelasan singkat pada sebuah topik lain yang memiliki kemiripan sifat dan lain – lain..
  • Teks Eksposisi laporan merupakan sebuah paragraf yang memaparkan sebuah kejadian atau penelitian tertentu
  • Teks Eksposisi perbandingan adalah sebuah paragraf eksposisi yang berisi  gagasan utama yang di paparkan menggunakan perbandingan dengan lainnya
  • Teks Eksposisi pertentangan adalah suatu karangan yang di dalamnya berisi tentang hal pertentangan satu hal dengan lainnya.

Contoh Paragraf Eksposisi

Tesis

Sudah seharusnya jika hukum yang berlaku di indonesia telah berjalan seperti perundang – undangan yang berlaku dan harus di tegaskan oleh para pealu kejahatan. Namun sayangnya, ketidakadilan kerap kali terjadi di indonesia mengenai hukum. Beberapa orang merasa di rugikan karena hukum karena biasanya hukum tajam kebawah tumpul ke atas.

Argumentasi

Sudah bukan menjadi rahasia publik, bahwa para penjahat yang memiliki jabatan akan mengalami hukuman yang cukup ringan bahkan terbilang snagat ringan.  Beberapa fasilitas yang di berikanpun sangat mewah, inilah yang menjadikan negara semakin terjerumus ke bawah. kerap kali kita melihat berita entah di koran atau media lainnya seperti kasus maling di hajar masa karena perbuataanya. Namun, hal ini berbeda dengan koruptor karena tidak ada berita yang mengabarkan bahwa koruptor di hajar masa hingga tewas.

Penegasan Ulang

Untuk itu hukum di negara indonesia dapat di katakan tegas untuk rakyat kecil seperti pada kasus yang pernah terjadi oleh nenek Asyani. Hal ini karena nenek tersebut hanya mencuri kayu. Namun di hukum dengan lima tahun lamanya di dalam sel penjara. Ini sangatlah menggores hati karena keadilan belum di tegakan se adil – adilnya dengan perbandingan yang terjadi pada kasus koruptor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *