Pemisahan Campuran: Jenis, Prinsip, dan Prosesnya

Pemisahan campuran yang kamu lakukan atau orang lain lakukan bertujuan untuk melepaskan suatu zat pada benda tersebut. Ini penting sekali agar benda tersebut bisa kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Jika anda minum air dari sumber mata air yang tidak dari direkomendasikan oleh badan kesehatan maka patuhilah hal tersebut.

Karena di dalam air, khususnya air untuk minum maka harus memenuhi standar tertentu agar bisa diminum.

Jika dalam satu wilayah tidak memiliki mata air yang baik untuk air minum maka diperlukan proses pemisahan pada zat-zat berbahaya yang ada di dalam air tersebut.

Pengertian perpisahan campuran

Pengertian perpisahan campuran
Pengertian perpisahan campuran

Sebelum kita membahas lebih lanjut apa itu memisahkan campuran,maka kita perlu tahu apa pengertian dari hal tersebut. Campuran dalam dunia fisika atau biologi adalah bercampurnya suatu zat pada benda tertentu. Misal kita ambil contoh air.

Maka di dalam air kita akan menemukan berbagai kandungan yang berbeda-beda, ini semua tergantung pada bagaimana air itu diperoleh. Contoh lainnya adalah kopi, santan, dan benda-benda lainnya.

Jadi secara sederhana proses pemisahan campuran adalah proses memisahkan suatu zat dalam sebuah benda.

Jadi hanya menyisakan satu zat saja yang berguna bagi kehidupan manusia sementara yang tidak dibutuhkan dibuang.

Jenis-jenis campuran

Berdasarkan jenis sifatnya campuran bisa dikelompokan menjadi dua macam campuran, yakni campuran homogen dan campuran heterogen.

1. Campuran homogen

Campuran homogen
Campuran homogen

Jenis campuran yang pertama adalah homogen, campuran ini adalah jenis campuran yang tidak bisa dibedakan antara satu zat dengan zat lainnya, contoh dari campuran jenis ini adalah teh, kopi, air dan udara.

2. Campuran heterogen

Campuran heterogen
Campuran heterogen

Pada prinsipnya, campuran heterogen merupakan campuran kebalikan dari homogen. Jika homogen tidak bisa dibedakan, maka heterogen bisa dibedakan satu zat dengan zat lainnya.

Ini disebabkan oleh ukurannya yang berbeda atau sifatnya yang berbeda. Contoh dari campuran jenis ini adalah, olahan tepung dengan air, Beras yang kebetulan bercampur dengan pasir, dan jenis lainnya.

Prinsip pemisahan campuran

prinsip pemisahan campuran
prinsip pemisahan campuran

Pada prinsipnya pemisahan suatu benda campuran bertujuan untuk mencari bentuk yang lebih murni.

Hal ini biasanya dilakukan pada praktek kimia, untuk mendapatkan senyawa yang lebih murni kemudian dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Salah satu contoh paling gamblang jika berbicara pemisahan zat campuran maka kita bisa melihat hasil minyak bumi, dari minyak bumi inilah kemudian dipisahkan menjadi benda-benda atau zat-zat tertentu.

Sehingga kita bisa mengetahui adanya bensin, pertamax, pertalite, solar dan avtur.

Proses pemisahan campuran

Proses untuk melakukan pemisahan pada zat suatu benda itu bisa dilakukan dengan berbagai caranya. Tapi hal ini tergantung pada bagaimana sifat, dan juga massa dalam benda tersebut.

Jadi tidak boleh sembarangan, semuanya harus dilakukan berdasarkan prosedur penelitian. Jika kamu belum mengetahuinya, maka simaklah tulisan kami berikut, kami akan menjelaskan beberapa metode dalam proses pemisahan.

Sebelum kamu melakukan proses untuk memisahkan campuran maka perhatikan dahulu benda-benda yang perlu kamu persiapkan.

Pertama adalah objek penelitian, atau benda yang akan kamu teliti. Kemudian alat bantunya, seperti wadah, kompor untuk mendidihkan, dan lain-lainnya.

1. Pemisahan dekantasi

Pemisahan dekantasi
Pemisahan dekantasi

Untuk metode yang pertama adalah metode pemisahan campuran dekantasi. Pemisahan ini menggunakan perbedaan dalam sebuah benda, yakni dari massa sebuah zat dan komponen yang membuat zat campuran tersebut.

Jika semakin besar antara zat pembentuk dan campuran semakin besar perbedaannya maka untuk proses pemisahannya juga akan semakin mudah sekali.

Metode ini terbilang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan, mungkin kamu juga bisa melakukannya sendiri dirumah.

Seperti yang kami bahas tapi dekantasi adalah proses pemisahan zat utama dan campurannya. Contoh paling sederhana adalah air yang terkena kotoran, atau air kopi, atau bisa juga teh.

Untuk prosesnya biasanya ari kotor didiamkan dalam satu wadah, dalam beberapa waktu kemudian pasti air dan kotoran akan terpisah. Jika ini berhasil maka kamu bisa meminum airnya, setelah diolah atau dimasak.

2. Pemisahan campuran dengan penyaringan

Pemisahan campuran dengan penyaringan
Pemisahan campuran dengan penyaringan

Proses pemisahan dengan penyaringan ini terjadi untuk memisahkan satu benda atau zat yang berbeda ukuran dan juga massanya.

Metode pemisahan yang juga disebut sebagai filtrasi ini juga begitu mudah digunakan. Metode penyaringan ini bisa anda temukan pada proses pertambangan emas tradisional.

Penambang akan memilih emas setelah proses penyaringan pada saat mereka mencarinya. Yakni memisahkan antara pasir dan logam mulia yang berupa emas.

Karena prosesnya adalah dengan menyaring, maka kamu membutuhkan alat untuk menyaringnya. Proses ini akan berhasil, karena zat yang memiliki ukuran besar akan tertinggal pada saringan semetara yang kecil akan hayut pada wadahnya.

Pemisahan dengan metode ini sering digunakan pada pabrik tempe atau juga pabrik tahu. Mereka memisahkan sari kedelai dari ampas kedelai.

3. Pemisahan campuran metode penyulingan

Pemisahan campuran metode penyulingan
Pemisahan campuran metode penyulingan

Metode ini adalah metode pemisahan campuran berdasarkan pada titik didih pada benda tersebut. Ketika dalam satu titik didih maka kita bisa menemukan mana zat penyusunnya dan mana zat campurannya.

Proses ini akan menyebabkan campuran pada benda tersebut akan menguap, dan uapnya akan disalurkan pada wadah tertentu kemudian akan dimanfaatkan untuk kebutuhan umat manusia.

Contoh paling mudah dalam metode ini adalah proses pembuatan minyak kayu putih. Air dari daun minyak kayu putih kemudian dipanaskan sehingga dalam titik didih.

Dan intisari dari minyak kayu putih akan menguap terlebih dahulu dan berubah menjadi uap yang disalurkan, untuk menjadi minyak kayu putih.

Proses penyulingan atau juga bisa disebut sebagai proses distilasi juga banyak kita temukan pada penyulingan minyak bumi.

Sehingga dihasilkan varian dari olahan minyak bumi, seperti solar, bensin, dan avtur.

4. Proses pemisahan campuran sublimasi

Proses pemisahan campuran sublimasi
Proses pemisahan campuran sublimasi

Metode pemisahan campuran sublimasi adalah proses dimana suatu zat pada akan berubah menjadi zat gas tanpa proses pencairan terlebih dahulu begitu pula sebaliknya.

Contoh terbaik dari proses ini adalah kapur barus, yang kemudian bisa melakukan sublimasi kedalam bentuk gas tanpa proses pencairan.

Proses sublimasi pada kapur barus tidak perlu lagi melewati masa pencairan, jika anda meletakkan kapur barus pada lemari maka pasti akan langsung berubah wujud menjadi zat gas.

Bisa juga proses ini dengan metode memanaskan suatu benda, agar menguap, kemudian uap tersebut diterima dan langsung diberikan wadah yang kemudian akan berubah menjadi kristal.

5. Proses pemisahan campuran metode kristalisasi

Proses pemisahan campuran metode kristalisasi
Proses pemisahan campuran metode kristalisasi

Untuk proses kristalisasi kita akan menemukan dua macamnya, yakni kristalisasi penguapan dan kristalisasi pendinginan. Proses ini bertujuan untuk memisahkan antara benda padat dari zat campurannya.

a. Kristalisasi penguapan

Proses ini biasa dilakukan oleh petani garam. Petani garam ingin mencari garam di lautan. Titik didih dari air dan garam lebih rendah air daripada garam. Oleh karena itu mereka mendidihkan atau membiarkan air menguap.

Selanjutnya mereka bisa memanen garam yang telah berdiri sendiri tidak ada unsur lainnya. Proses ini akan mengakibatkan garam memiliki bentuk seperti kristal.

b. Kristalisasi pendinginan

Proses ini tentu kebalikan dari proses yang awal tadi, pada proses ini titik beku pada benda yang akan dipisahkan lebih tinggi dari pada zat benda yang butuhkan.

6. Pemisahan campuran dengan kromatografi

Pemisahan campuran dengan kromatografi
Pemisahan campuran dengan kromatografi

Pada dasarnya, pemisahan metode ini berdasarkan pada kecepatan sebuah benda atau zat untuk bergerak dan juga dalam proses penyerapannya.

Alat yang digunakan dalam proses ini adalah kromatogram yang memiliki bentuk seperti kertas saring.

Terdapat dua susunan dalam alat ini, yang paling atas adalah untuk menyaring zat pewarna sedangkan yang dibawahnya adalah untuk menyaring campuran lainnya, biasa disebut sebagai pita klorofil.

7. Pemisahan dengan cara sentrifugasi

Pemisahan dengan cara sentrifugasi
Pemisahan dengan cara sentrifugasi

Proses pemisahan dengan metode ini adalah bertujuan memisahkan antara zat padat dengan zat cair atau sebaliknya.

Caranya adalah dengan diputar sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai metode  pemisahan campuran pemusingan, ini didasarkan pada kenyataan orang yang berputar pasti akan pusing.

.Proses pemisahan pada metode ini adalah dengan memutar secukupnya pada benda yang akan kamu pisahkan unsur zatnya. Untuk proses ini biasanya dilakukan untuk memisahkan antara darah dan trombosit.

Jika kamu mau mengamati para petani padi di desa, maka mereka juga menggunakan metode ini untuk melakukan pemisahan antara padi yang berisi dengan padi yang tidak berisi.

8. Proses pemisahan dengan metode corong pisah

Proses pemisahan dengan metode corong pisah
Proses pemisahan dengan metode corong pisah

Metode ini baik untuk memisahkan suatu zat dengan benda zat lainnya yang berbentuk cair. Zat cair tersebut adalah yang tidak memiliki daya larut, contohnya adalah air dan juga minyak tanah.

Untuk prosesnya, tidaklah sulit, jika kamu kebetulan memiliki minyak tanah, atau bisa juga solar tapi ketika hujan terkena air maka jangan khawatir karena sebenarnya bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Caranya adalah dengan masukan campuran tadi pada sebuah corong, zat yang memiliki unsur lebih ringan akan berada di atas.

Selaint itu juga ada yang memiliki unsur lebih besar akan berada dibawahnya. Setelah terpisah kamu bisa memisahkan antara air dan minyak tanah.

9. Proses pemisahan campuran amalgamasi

Proses pemisahan campuran amalgamasi
Proses pemisahan campuran amalgamasi

Pemisahan Amalgamasi ini terbilang sangat rumit sekali, karena jika kamu ingin memisahkan satu zat dengan zat lainnya maka harus menggunakan metode tertentu.

Metode ini semacam ini bisa kamu temui pada perusahaan yang memisahkan emas murni dengan bijih-bijihan emas yang masing mengandung tembaga dan lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulan
Kesimpulan

Berdasarkan beberapa cara atau metode pemisahan benda campuran maka kita bisa mengambil beberapa kesimpulan.

Kesimpulan yang paling utama adalah proses pemisahan campuran akan bisa terjadi jika benda di dalamnya merupakan satu jenis, tapi memiliki massa yang berbeda-beda.

Misal dalam segi ukuran partikel maka bisa digunakan metode penyaringan. Ada juga proses pemisahan didasarkan pada titik beku dan juga titik didih suatu benda.

Ada juga metode yang berdasarkan pada metode pelarutan yakni didasarkan pada pelarutan pada sebuah benda tertentu.

Kesimpulan lainnya kita bisa menyadari jika ilmu tentang pemisahan campuran ini sangatlah bermanfaat. Hal ini dikarenakan hampir semua yang tidak konsumsi dalam kehidupan sehari-hari merupakan hasil dari pemisahan benda atau zat tadi.

Manfaat dari salah satu proses pemisahan campuran adalah dari metode filtrasi, metode ini akan bisa membuat kamu memiliki air yang cukup bersih, walau mungkin tidak adanya sumber daya air bersih lagi.

Proses ini terbilang adalah pilihan belakang, meminum air dari proses filtrasi ini belum bisa dikatakan sehat. Tapi jika kondisimu sudah tidak bisa memiliki air bersih maka tidak menjadi masalah.

Daftar Pustaka

  • www. kelaspintar.id /blog/tips- pintar/ada -5-yuk-cari- tahu-tentang-metode- pemisahan- campuran-4 465/
  • ardra.biz/ dasar-metode- pemisahan- campuran/
  • idschool. net/ smp/proses- pemisahan-campuran/#:~: text=Pemisahan %20campuran %20dilakukan% 20dengan %20memperhatikan, ukuran% 20zat%2C% 20 perbedaan %20titik% 20didih.&text= Beberapa% 20proses %20pemisahan% 20campuran% 20meliputi,kristalisasi %2C% 20 sentrifugasi %2C% 20dan% 20dekantasi.
  • www.utakatikotak. com/ kongkow/ detail/8822 /Macam-Macam- Pemisahan- Campuran

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment