Contoh Penutup Makalah dengan Susunan yang Baik

Pada proses pembuatan makalah, penutup adalah bagian penting yang tak boleh terlewat. Dalam penutup makalah Anda harus membuat dua bagian utama yaitu kesimpulan dan saran penulis.

Meskipun tidak begitu panjang, akan tetapi bagian isi bisa menjadi tolok ukur bagaimana isi keseluruhan makalah yang Anda buat. Dimana pada bagian kesimpulan harus tertulis lengkap namun tidak bertele-tele. Sedangkan pada bagian saran Anda bisa menuliskan pesan singkat atau rekomendasi dari tema maupun persoalan yang dibahas.

Cara Membuat Penutup Makalah

Mudah Membuat Penutup Makalah
Penutup Makalah Yang Baik

Nah berikut ini adalah tips untuk membuat penutup makalah beserta contoh penutup makalah yang benar.

1. Tidak Bertele-Tele

Untuk mendapatkan hasil yang to the point, pastikan Anda menulis kata penutup makalah tanpa bertele-tele. Idealnya penutup makalah tidak lebih dari dua halaman, dan dalam dua lembar ini Anda sudah harus bisa menyampaikan kesimpulan secara lengkap beserta saran.

Mengapa bagian isi penutup tak boleh dibuat secara panjang lebar? Karena di bagian inilah simpulan akhir dari seluruh pembahasan disampaikan. Jadi hanya dengan membaca penutup saja diharapkan pembaca sudah bisa memahami apa yang Anda sampaikan di bagian pembuka hingga isi.

2. Fokus Merangkum Isi Makalah

Kesalahan yang begitu sering dilakukan adalah menulis kesimpulan yang tidak sesuai. Biasanya hal ini disebabkan karena penulis tidak paham dengan apa yang ia sampaikan di bagian isi. Al hasil bagian penutup pun tidak memiliki inti atau bobot yang menjadi pertanyaan pembaca dari makalah tersebut.

Jadi cobalah untuk lebih fokus pada apa yang Anda tulis di bagian pembuka hingga isi, dengan begitu bagian penutup pun akan menjadi bagian kecil yang berbobot.

3. Memberi Saran Sesuai Tema

Meskipun sifatnya berupa opini, akan tetapi apa yang Anda sampaikan sebagai bentuk saran haruslah sesuai dengan tema atau permasalahan yang dibahas di makalah tersebut. Kembali fokus pada isi makalah maka Anda bisa mengoreksi isi dari makalah tersebut.

Setelah ditemukan koreksi dari temuan Anda, cukup bahas apa yang berkaitan langsung dengan temuan tersebut tanpa melebar kemana-mana. Nah apabila isi makalah berisi tentang temuan berbasis pustaka atau berdasarkan buku referensi, maka Anda cukup memberikan saran terhadap wacana yang diangkat pada sumber literasi tersebut.

Dengan memperhatikan tips di atas, semoga kata penutup dalam makalah yang Anda buat bisa menjadi bagian penting yang memberikan secercah jawaban dari pertanyaan pembaca. Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa belajar dari beberapa contoh penutup makalah berikut.

Pelajari juga Contoh Kata Pengantar Makalah

Penutup Makalah
Penutup Makalah Ekonomi

Contoh Penutup Makalah Ekonomi #1

Makalah Ekonomi

PENUTUP

1. Kesimpulan

Perbedaan harga antara pedagang buah di Pasar Tradisional Wonosobo kiranya tidak terlalu signifikan. Sebab, perbedaan harganya hanya mencapai 5,5 persen sehingga pola perdagangan tak saling menjatuhkan satu dengan lainnya. Dari 15 pedagang yang diwawancarai, rata-rata harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda.

Untuk harga cabai keriting kisarannya antara Rp. 20.000-Rp. 25.000 perkilogram, harga cabai rawit merah besar berkisar antara Rp. 22.000-Rp. 27.000 perkilogram, harga bawang merah berkisar antara Rp. 40.000-Rp. 45.000 perkilogram, dan bawang putih kisarannya antara Rp. 35.000-Rp. 40.000 perkilogram.

Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan jika persaingan pedagang termasuk sehat. Dengan demikian, kegiatan ekonomi di Pasar Tradisional Wonosobo tidak terjadi monopoli oleh satu pedagang tertentu.

2. Saran

Melihat sehatnya kegiatan ekonomi di Pasar Tradisional Wonosobo itu maka saran yang dapat diberikan kepada pedagang pasar tersebut adalah dengan tetap menjaga atmosfer kegiatan ekonomi tersebut. Adapun, hal itu perlu dilakukan supaya tidak terjadi kemungkinan rusaknya keseimbangan kegiatan perekonomian di Pasar Tradisional Wonosobo.

Contoh Kata Penutup Makalah #2

Penutup Makalah

PENUTUP

1. Kesimpulan

Tokoh Nina Karamy dalam novel Sayap-Sayap Patah mer tokoh yang cerdas, penyabar, setia, serta menurut pada orang tua. Hal itu terlihat dari interaksi tokoh Nina dengan tokoh lainnya, khususnya tokoh akuan selaku tokoh protagonis, ayahnya, dan suami yang dijodohkan olehnya.

Adapun, keberadaan tokoh Nina begitu penting di cerita tersebut dikarenakan tokoh ini mengisi setiap segmen serta sekuen yang ada pada cerita. Dengan begitu, ketika tokoh tersebut hilang maka cerita tak akan berjalan dan struktur fiksinya pun menjadi runtuh.

2. Saran

Menyikapi keberadaan tokoh Nina Karamy sebagai tokoh fiksi kiranya dibutuhkan sudut pandang yang terbuka. Sebab, tokoh ini menyuarakan berbagai pandangan filosofis yang notabenenya kurang lumrah untuk disampaikan oleh seorang tokoh perempuan pada sebuah cerita fiksi.

Contoh Penutup dalam Makalah #3

Contoh Penutup Makalah

PENUTUP

1. Kesimpulan

Menurut dari informasi serta data yang sudah dijelaskan diatas disimpulkan jika pemakaian bahan pengawet pada jajanan anak-anak sekolah itu berbahaya sekali untuk kesehatan tubuh. Sehingga perilaku negatif seperti itu perlu ditindak lanjuti untuk pencegahan.

Tindakan itu mencangkup berbagai aspek, mulai dari menghidangkan jajanan sehat dan bergizi di kantin-kantin sekolah dan melarang para siswa dan siswi untuk tidak jajan sembarangan. Adanya pengawasan dari guru maupun orang tua siswa juga penting sekali supaya bisa menangani faktor permasalahan serius ini.

2. Saran

Dengan permasalahan yang kerap terjadi di kawasan sekolahan ini, diharapkan ada kesadaran dari pihak pembuat dan penjual jajanan tersebut. Partisipasi dari guru, orang tua dan juga siswa tersebut juga akan membuat tindakan negative ini berkurang. Dengan begitu kesehatan siswa tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Contoh Kalimat Penutup Makalah #4

Kalimat Penutup

PENUTUP

1. Kesimpulan

Tokoh Tyas dalam novel “Catatan Musim” karya Tyas Efendy memiliki psikologis yang kurang stabil, naik dan turun. Namun dia tetap bisa mengendalikan perasaan ketika satu waktu dipertemukan dengan kondisi yang membuat hatinya lemah. Seperti ketika ditinggalkan Gema ke Lille, dan ia menyusul. Namun yang didapat adalah pria bernama Gema itu justru menjauh darinya. Saat itulah perasaan Tyas hancur serta merasa tak mempunyai tenaga untuk menghadapinya.

Seiring berjalannya waktu, Tyas mengikhlaskan seluruh hal telah terjadi, dan kembali menata kehidupannya meski tetap berada di Lille. Sampai menghabiskan waktu untuk ikut bergabung pada komunitas pecinta buku di daerah dekat apartemennya. Dari sinilah Tyas mulai menemukan sesuatu yang sebelumnya tak pernah ia rasakan, yaitu kasih sayang yang sesungguhnya serta kepedulian dari teman-teman komunitasnya tersebut.

2. Saran

Novel ini bercerita mengenai sebuah hubungan percintaan, akan tetapi ada baiknya untuk membuat kelanjutan di bagian terakhir dengan background cerita yang berbeda. Di halaman akhir, penulis menceritakan kisah Tyas juga Gema yang akhirnya menikah meski dengan kondisi cacat karena Tyas mengidap penyakit yang membuat satu kakinya harus diamputasi. Jika, dilanjutkan bagian setelah menikah akan lebih bagus lagi.

Mudah bukan untuk membuat penutup makalah yang baik dan benar? Poin penting yang perlu Anda sampaikan disini ialah dengan membuat bagian penutup yang menarik dengan kalimat sesimple dan sesingkat mungkin.

Bagian saran pun sebaiknya dibuat menurut pandangan secara umum. Panjang sub bagian saran pun sebaiknya tidak lebih panjang dibanding bagian kesimpulan.

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment